Replika Pedang Zaman Perunggu Ternyata Pedang Betulan Berusia 3.000 Tahun

Rabu, 25 Januari 2023 16:04 Reporter : Pandasurya Wijaya
Replika Pedang Zaman Perunggu Ternyata Pedang Betulan Berusia 3.000 Tahun pedang zaman perunggu 3000 tahun. ©Field Museum

Merdeka.com - Cerita tentang benda kuno di pasar barang antik atau museum yang awalnya berharga murah tapi ternyata sangat berharga dan langka sudah sering kita dengar. Belum lama ini cerita semacam itu juga terjadi di Amerika Serikat.

Menurut keterangan pers, Museum Field Chicago membeli sebilah pedang dari Eropa satu abad lalu. Pedang itu diyakini replika berkualitas tinggi. Namun pemeriksaan baru-baru ini membuktikan pedang itu otentik alias asli dan berasal dari Zaman Perunggu sekitar 3.000 tahun lalu.

Pihak museum mengatakan dalam pernyataannya, ketika mempersiapkan pameran "Raja Pertama Eropa" untuk Maret nanti, arkeolog Hungaria yang bekerja sama dengan ilmuwan museum meminta diperlihatkan replika pedang itu.

2 dari 2 halaman

Dikutip dari laman NDTV, Selasa (24/1), pedang tersebut ditemukan di Sungai Danube di Budapest, Hungaria pada 1930-an. Di lokasi itu diyakini menjadi tempat ritual kuno sekitar 3.000 tahun lalu untuk mengenang sosok yang sudah meninggal atau gugur karena perang.

"Peneliti memakai alat pendeteksi Sinar-X yang mirip seperti pistol. Ketika mereka membandingkan kandungan kimia yang ada pada bilah pedang dengan pedang lain dari Zaman Perunggu di Eropa, kandungan perunggu, tembaga, dan timah pada pedang itu identik.

"Biasanya cerita ini justru terbalik, apa yang tadinya dikira asli ternyata palsu," kata Bill Parkinson, kurator antropologi di Museum Field yang membantu persiapan pameran tersebut. [pan]

Baca juga:
Mumi Bocah Mesir Dikubur dengan Jantung Kedua Terbuat dari Emas, Ini Tujuannya
Ngeri, Makam Romawi Kuno Berisi Tengkorak Dimutilasi dan Posisi Kepala Ada di Kaki
Pertanyaan Sepanjang Masa Akhirnya Terjawab, Mana yang Lebih Dulu: Ayam atau Telur?
Lukisan Tertua di Dunia Ternyata Bukan Dibuat oleh Manusia
Kondisi Mumi "Putri Tidur" Berusia 2.100 Tahun Ini Nyaris Masih Utuh
Seperti Apa Rumah Zaman Mesir Kuno? Begini Wujudnya
Misteri Asal-Usul Belati Meteorit Firaun Tutankhamun yang Bikin Penasaran
Penuh Misteri, Kisah di Balik Dua Jasad "Berciuman" Selama 2.800 Tahun
Begini Penampakan Botol Wine Berusia 1.700 Tahun, Isinya Masih Utuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini