Reaksi Dunia Atas Kematian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Senin, 28 Oktober 2019 15:42 Reporter : Merdeka
Reaksi Dunia Atas Kematian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi abu bakar al-baghdadi. ©Istimewa

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kemarin mengumumkan kematian pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)
Abu Bakar al-Baghdadi.

Baghdadi tewas meledakkan diri dalam penggerebekan pasukan khusus AS di Barisha, Suriah. Daerah itu adalah satu-satunya lokasi yang belum dikuasai baik oleh pasukan Suriah dan sekutunya maupun oleh tentara SDF, sekutu Amerika.

Menurut Trump, pemimpin ISIS itu tewas setelah melarikan diri ke sebuah terowongan di desa Barisha. Ia terpojok oleh pasukan khusus AS yang memburunya, memicu Baghdadi meledakkan rompi bom bunuh diri dan menewaskan dirinya serta tiga anaknya.

Dalam pengumuman tersebut, Trump mengucapkan terima kasih kepada Turki, Suriah, Irak, Rusia dan Kurdi Suriah atas kerja sama mereka.

Reaksi dunia terhadap berita itu telah terpecah, dengan beberapa pemimpin menyebutnya sebagai titik balik dalam perang melawan "terorisme" sementara beberapa pemerintah mengecilkan signifikansinya."

Berikut reaksi sejumlah negara atas kematian Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (28/10).

Baca Selanjutnya: Rusia Meragukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini