Raja Thailand Kembali ke Jerman Bersama 250 Pengawal & 30 Ekor Anjing Pudel

Selasa, 16 November 2021 18:26 Reporter : Hari Ariyanti
Raja Thailand Kembali ke Jerman Bersama 250 Pengawal & 30 Ekor Anjing Pudel Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun kembali ke Jerman, bersama 30 ekor anjing pudel, setelah menghabiskan lebih dari setahun meninggalkan rumahnya di kawasan pegunungan Alpen, menurut laporan media Jerman.

Koran Bild menerbitkan gambar raja berusia 69 tahun itu memakai baju olahraga Adidas coklat gelap dan jingga saat menuju kolam renang umum di hotel Hilton Bandara di Munich.

Bild melaporkan, Raja Vajiralongkorn tiba di Munich pada Senin (8/11) dan sebanyak 250 pengawalnya telah memesan seluruh kamar di lantai empat hotel tersebut selama 11 hari.

Pelancong yang datang ke Jerman dari wilayah yang ditetapkan berisiko tinggi seperti Thailand harus menjalani karantina setidaknya lima hari kecuali mereka bisa menunjukkan bukti vaksinasi penuh atau telah sembuh dari infeksi Covid.

Gambar yang diterbitkan Bild menunjukkan seorang pria tua menyerupai raja memakai masker dan diiringi seorang perempuan muda yang memakai baju olahraga yang sama yang disebut koran itu seorang pengawal.

“Tiba-tiba direktur hotel dan tim keamanan raja mendatangi saya dan meminta saya menghapus foto-foto tersebut,” kata wartawan Bild, Karl Keim, dikutip dari laman Asia One, Selasa (16/11).

Keim mengatakan dia lalu menghubungi polisi meminta perlindungan dari permintaan mereka karena hal itu tidak sesuai dengan aturan kebebasan pers Jerman.

“Tim keamanan raja terus mengawasi saya. Jadi polisi menemani saya menuju mobil.”

Vajiralongkorn merupakan putra satu-satunya Raja Bhumibol Adulyadej, yang bertakhta selama 70 tahun.

Vajiralongkorn dilaporkan membeli vila dekat Danau Starnberg, kota Tutzing pada 2016. Raja ini meninggalkan Jerman pada Oktober 2002 untuk memperingati empat tahun kematian ayahnya dan tidak pernah meninggalkan Thailand sejak saat itu.

“Dia kembali dan merasa berada di rumah dengan pudel-pudelnya di kerajaan Bavaria favoritnya,” tulis Bild, menambahkan dia membawa 30 ekor anjing pudel dari Thailand.
Sebelum Raja Vajiralongkorn pulang ke Thailand tahun lalu, pemerintah Jerman menghadapi pertanyaan dari parlemen terkait status sah raja tersebut di Jerman.

2 dari 2 halaman

Demo reformasi kerajaan

Kembalinya raja ke Jerman ini di tengah unjuk rasa menuntut reformasi kerajaan. Ratusan demonstran melakukan aksi unjuk rasa di ibu kota Thailand, Bangkok, menentang keputusan Mahkamah Konstitusi yang memutuskan bahwa menyerukan reformasi kerajaan sama dengan upaya untuk menggulingkan monarki ultra-kuat di negara itu.

Mahkamah Konstitusi - yang telah lama disebut dipolitisasi - menyampaikan pada Rabu, tiga pemimpin unjuk rasa menyampaikan pidato yang "bertujuan untuk menggulingkan monarki konstitusional".

Walaupun keputusan pengadilan tidak menetapkan hukuman pidana bagi para pemimpin unjuk rasa, para pengamat mengatakan keputusan itu dapat semakin mempersempit ruang bagi para aktivis yang mengampanyekan reformasi monarki.

Kendati dilarang berkumpul, pengunjuk rasa berkumpul di distrik perbelanjaan utama Bangkok untuk menentang keputusan tersebut, memegang berbagai tanda yang bertuliskan mereka tidak menginginkan monarki absolut.

Baca juga:
Ratusan Pengunjuk Rasa di Thailand Kembali Turun ke Jalan Tuntut Reformasi Kerajaan
Kasus Covid-19 di Thailand Tembus 2 Juta
Luapan Sungai Chao Praya Rendam Kota Bangkok
Resep Sup Tom Yam dengan Bahan Sederhana dan Murah, Cocok Dinikmati Saat Hujan
Ribuan Demonstran di Bangkok Unjuk Rasa Tuntut Reformasi Kerajaan
Thailand Kembali Menyambut Kedatangan Turis Asing

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini