Putin Jamin Keamanan Pasokan Pangan dari Rusia dan Ukraina

Jumat, 1 Juli 2022 00:49 Reporter : Merdeka
Putin Jamin Keamanan Pasokan Pangan dari Rusia dan Ukraina Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin. ©2022 Merdeka.com/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas soal terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk akibat perang Rusia-Ukraina. Kondisi itu dikhawatirkan dapat berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

Jokowi mengatakan, Putin telah memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk dari Rusia maupun Ukraina.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Kremlin, Moskow Rusia, Kamis (30/6).

Dia mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia serta komoditas pangan Ukraina agar kembali masuk dalam rantai pasok dunia. Terlebih, kata Jokowi, Presiden Putin telah memberikan jaminan jalur ekspor produk pangan Ukraina.

"Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Indonesia-Rusia

Jokowi dan Putin juga berdiskusi soal kerja sama antara Rusia-Indonesia di bidang investasi, perdagangan hingga turisme. Dia menuturkan nantinya akan dibentuk tim untuk menindaklanjuti pembahasan tersebut.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Sebelum bertemu Putin, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow," ujar dia.

Kendati situasi saat ini masih sangat sulit, namun Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian konflik secara damai. Dia juga mendorong agar ruang-ruang dialog terus bisa dibuka.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," tutur Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com. [yan]

Baca juga:
Hasil Pembicaraan Jokowi dan Putin: Bahas Ukraina hingga Masalah Internasional
Jokowi Bertolak ke Abu Dhabi Seusai Bertemu Putin
Bertemu Putin, Jokowi Tegaskan Indonesia Hanya Ingin Perang Segera Selesai
Jokowi Siap Jembatani Komunikasi antara Putin dengan Zelenskyy
Presiden Jokowi Bertemu Putin di Kremlin
Zelenskyy Ungkap Obrolan dengan Jokowi: Dampak Blokade Rusia Picu Kelangkaan Pangan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini