Provinsi Sichuan China Diguncang Gempa Simultan 8 Menit Bermagnitudo 5,3

Kamis, 3 Januari 2019 09:49 Reporter : Liputan6.com
Provinsi Sichuan China Diguncang Gempa Simultan 8 Menit Bermagnitudo 5,3 Ilustrasi

Merdeka.com - Gempa magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Gongxian di Kota Yibin, Provinsi Sichuan, China, Kamis (3/1) pukul 08.48 pagi waktu setempat.

Menurut Pusat Jaringan Gempa China (CENC), gempa itu berlangsung secara simultan selama kurang lebih delapan menit, dengan diikuti oleh dua gempa kecil setelahnya.

Dikutip dari The Straits Times, episentrum gempa dipantau pada sekitar titik 28.20 derajat lintang utara dan 104,86 derajat bujur timur.

Pusat gempa diketahui berada di kedalaman 15 kilometer, lapor CENC dalam sebuah pernyataan singkat.

Sejauh ini belum ada informasi tentang korban jiwa atau kerusakan yang muncul sebagai dampak gempa.

Ini adalah gempa pertama yang terjadi di Sichuan pada 2019, setelah pada tahun lalu, wilayah barat daya China ini mengalami belasan gempa dengan magnitudo bervariasi.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari kantor berita Xinhua, Provinsi Sichuan juga sempat diguncang gempa magnitudo 5,7 pada 16 Desember lalu.

Gempa yang sama-sama terjadi di Kota Yibin itu (tepatnya di wilayah Xingwen) terjadi pada pukul 12.46 waktu setempat, dengan kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan tanah.

Pada waktu petang di hari yang sama, 16 orang dilaporkan terluka dan sebanyak 378 orang dievakuasi karena terjadi longsor di beberapa titik di wilayah dataran tinggi tersebut.

Bahkan, pemerintah Provinsi Sichuan menetapkan kondisi darurat tingkat IV, yang berarti membutuhkan penanganan serius. Sebanyak 300 petugas penyelamat dikerahkan untuk evakuasi di lokasi gempa. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa
  2. China
  3. Gempa China
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini