Presiden yang Tunjuk Keluarganya jadi Pejabat Negara, Salah Satunya di Indonesia

Selasa, 16 Juli 2019 07:37 Reporter : Pandasurya Wijaya
Presiden yang Tunjuk Keluarganya jadi Pejabat Negara, Salah Satunya di Indonesia Jared Kushner. ©Reuters

Merdeka.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro Jumat lalu mengumumkan dia akan menunjuk putranya sebagai duta besar Brasil untuk Amerika Serikat.

Eduardo Bolsonaro, saat ini menjabat sebagai anggota kongres federal. Dia menyampaikan kepada wartawan, akan menerima penunjukan tersebut jika memang dicalonkan. Ayahnya mengatakan sebelumnya bahwa penunjukan itu akan bergantung pada persetujuan putranya.

"Jika itu tugas yang diberikan oleh presiden, saya akan menerima," kata Eduardo kepada wartawan dilansir dari The Guardian, Senin (15/7).

Dia menambahkan, jika resmi ditunjuk sebagai Dubes AS, dia akan secara resmi mengundurkan diri sebagai anggota kongres. Dia juga menyampaikan, pencalonan dirinya sebagai Dubes AS masih menunggu diskusi ayahnya dengan Menteri Luar Negeri, Ernesto Araujo.

Penunjukan itu perlu disetujui oleh komite hubungan luar negeri Senat sebelum lolos ke majelis tinggi untuk konfirmasi. Dubes Brasil untuk AS sebelumnya telah pensiun pada April lalu.

Pengangkatan anggota keluarga sebagai pejabat negara oleh seorang presiden memang bukan barang baru. Di Indonesia nepotisme semacam itu juga pernah dilakukan Presiden Soeharto. Dia mengangkat putrinya Siti Hardijanti Rukmana atau akrab disebut Mbak Tutut sebagai Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan VII di era 1998.

Selain Bolsonaro dan Soeharto, masih ada sejumlah presiden yang juga mengangkat anggota keluarganya sebagai pejabat negara. Siapa saja mereka? Simak ulasan yang dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber berikut ini:

Baca Selanjutnya: Trump Tunjuk Menantunya jadi Penasihat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini