Presiden Trump Ejek Aktivis Iklim Greta Thunberg di Twitter

Rabu, 25 September 2019 12:37 Reporter : Merdeka
Presiden Trump Ejek Aktivis Iklim Greta Thunberg di Twitter trump dan greta thunberg. ©CBS

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump lontarkan komentar bernada sindiran untuk aktivis iklim Greta Thunberg, Selasa (24/9). Ejekan disampaikan Trump melalui Twitter setelah aktivis 16 tahun itu memberikan pidato di PBB.

"Dia (Thunberg) tampak seperti gadis muda yang sangat bahagia menantikan masa depan yang cerah dan indah. Sangat menyenangkan untuk dilihat!" tulis Trump, seperti yang dikutip oleh The Hill.

Setelah pidatonya mendapat sindiran dari Donald Trump, Thunberg tidak memberikan tanggapan langsung. Namun, beberapa jam kemudian, dia memperbarui bio Twitter miliknya dengan mengutip pernyataan Trump.

"Seorang gadis muda yang sangat bahagia menantikan masa depan yang cerah dan indah," tulisnya.

Sebelumnya, Thunberg memberikan pidato di PBB dengan penuh emosional. Dalam pidatonya, gadis asal Swedia itu menuangkan kritikannya kepada para pemimpin dunia yang menghadiri KTT iklim PBB. Menurutnya, para pemimpin dunia belum cukup memahami urgensi untuk menyelamatkan dunia dari bahaya perubahan iklim.

"Karena jika Anda benar-benar mengerti situasi ini dan masih berkali-kali gagal bertindak, Anda akan menjadi sangat keji," sambungnya.

NBC News melaporkan, Thunberg terlihat menangis dan terkadang gemetar ketika menyampaikan pidatonya. Ia menyebut para pemimpin dunia telah mencuri mimpi dan masa kecilnya dengan kelambanan mereka dalam menangani perubahan iklim.

"Saya seharusnya tidak berada di sini. Saya seharusnya kembali ke sekolah di seberang lautan," ujarnya. "Namun Anda semua datang, menaruh harapan pada kami anak muda. Beraninya Anda! Anda telah mencuri mimpi saya dan masa kecil saya dengan omong kosong," tandasnya.

Thunberg tiba di AS bulan lalu, setelah menyeberangi Samudra Atlantik dengan menggunakan perahu layar bebas emisi. Aksi Thunberg mogok sekolah setiap hari Jumat untuk melakukan protes di depan gedung parlemen Swedia.

Tekad Thunberg lambat laun menumbuhkan semangat generasi muda untuk menyuarakan kepedulian terhadap perubahan iklim. Atas perjuangannya, Thunberg dinobatkan oleh parlemen Norwegia untuk masuk nominasi penghargaan Nobel Perdamaian.

Reporter Magang: Anindya Wahyu Paramita [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini