Presiden Terlama di Dunia Ini Kembali Terpilih Setelah 43 Tahun Berkuasa

Minggu, 27 November 2022 14:20 Reporter : Hari Ariyanti
Presiden Terlama di Dunia Ini Kembali Terpilih Setelah 43 Tahun Berkuasa Presiden Guinea Equatorial, Teodoro Obiang Nguema. ©Getty Images via BBC

Merdeka.com - Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo (80) merupakan presiden yang menjabat paling lama di dunia. Dia kembali terpilih dalam pemilu yang akan melanggengkan rezim otoriternya.

Dikutip dari BBC, Minggu (27/11), Mbasogo meraih hampir 95 persen suara, seperti yang diumumkan pejabat pemilihan umum enam hari setelah pemungutan suara.

"Hasil tersebut membuktikan kami benar," jelas Wakil Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Nguema Obiang Mangue, yang juga putra Presiden Mbasogo.

"Kami terus menjadi partai besar," lanjutnya.

Beberapa tokoh oposisi juga mencalonkan diri, tapi tidak ada yang diperkirakan menang.

Kekuasaan Presiden Mbasogo di negara Afrika tengah yang kaya minyak itu sangat kuat. Sejumlah anggota keluarganya menduduki jabatan penting di pemerintahan.

Dia merebut kekuasaan pada 1979 setelah kudeta militer dan selamat dari sejumlah upaya kudeta.

Setelah merebut kekuasaan dari pendahulunya yang juga pamannya, Francisco Macias Nguema, Mbasogo melakukan sejumlah reformasi tapi mempertahankan kendali mutlak atas negara.

Oposisi politik nyaris tidak ditoleransi dan sangat terhambat oleh kurangnya kebebasan pers, karena semua media penyiaran dimiliki langsung oleh pemerintah atau dikendalikan oleh sekutunya.

Mbasogo sebelumnya membantah sejumlah tuduhan pelanggaran HAM dan kecurangan pemilu, dan masa jabatan periode keenamnya ini disebut bakal dimanfaatkan untuk membersihkan reputasi internasionalnya.

Negara yang dulunya bernama Guinea Spanyol ini mendapat kemerdekaan pada 1968 dan menjadi Republik Guinea Ekuatorial dan Francisco Macias Nguema sebagai presiden.

Kelompok HAM menyebut dua presiden negara ini, Francisco Macias Nguema dan Teodoro Obiang Nguema Mbasogo sebagai pelanggar HAM terburuk di Afrika.

Baca juga:
PBB: Afrika Dilanda Krisis Pangan Paling Mengkhawatirkan
Potret Anak-Anak Somalia Menderita Gizi Buruk Akut
PBB Sebut Manusia Tak Bisa Lagi Tinggal di Sejumlah Wilayah Asia Afrika, Ini Sebabnya
Potret Pilu Gajah Hingga Zebra yang Terancam Punah Mati Kekeringan di Afrika
Presiden Terlama di Dunia Kembali Maju Jadi Capres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini