Presiden Iran Hassan Rouhani raih Nobel Perdamaian

Kamis, 10 Oktober 2013 22:14 Reporter : Pandasurya Wijaya
Presiden Iran Hassan Rouhani raih Nobel Perdamaian Hassan Rouhani. ©EPA

Merdeka.com - Nobel Perdamaian akan diumumkan besok, tapi para pembaca surat kabar asal inggris the Guardian sudah mengumumkan pilihan mereka. Kandidat yang disebut-sebut sebagai calon kuda hitam itu adalah Presiden Iran Hassan Rouhani.

Menurut jajak pendapat versi the Guardian, sebanyak 75 persen responden memilih nama Rouhani dari sejumlah nama dikumpulkan wartawan the Guardian sebagai peraih Nobel Perdamaian. Pesaing terdekat Rouhani adalah Malala Yousafzai, remaja 16 tahun pegiat pendidikan di Pakistan. Dia meraih 15 persen suara, seperti dilansir the Guardian, Kamis (10/10).

Koran Guardian mengatakan Rouhani cukup masuk akal masuk dalam daftar pilihan. Sosok presiden Iran itu dinilai telah mendorong perubahan menuju babak baru kerja sama dengan negara Barat, ketimbang masa Mahmud Ahmadinejad.

Pada bulan ini juga Rouhani mengadakan pertemuan antara para pejabat Iran dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Bukan hanya itu, Rouhani pun membuat catatan sejarah setelah berbicara dengan Presiden Amerika Barack Hussein Obama lewat telepon. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Nobel
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini