Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh Sekelompok Pria Bersenjata di Rumahnya

Rabu, 7 Juli 2021 22:34 Reporter : Hari Ariyanti
Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh Sekelompok Pria Bersenjata di Rumahnya Presiden Haiti, Jovenel Moise. ©Dieu Nalio Chery/AP Photo via Al Jazeera

Merdeka.com - Presiden Haiti, Jovenel Moise dibunuh dan istrinya terluka dalam sebuah serangan di rumah mereka. Hal ini diumumkan perdana menteri sementara, Claude Joseph.

Joseph menyampaikan, sekelompok pria bersenjata menyerang Presiden Moise di rumah pribadinya pada Rabu malam dan menembaknya sampai tewas.

Joseph mengatakan negara saat ini dalam tanggung jawabnya dan mendesak masyarakat tetap tenang sembari menegaskan polisi dan militer akan memastikan keamanan masyarakat.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (7/7), Haiti, negara termiskin di benua Amerika, telah berada dalam situasi kegentingan politik sebelum pembunuhan ini, kondisinya semakin tidak stabil di bawah Moise.

Moise, yang berusia 53 tahun, berkuasa melalui dekrit selama lebih dari dua tahun setelah negara itu gagal menyelenggarakan pemilihan umum dan oposisi menuntut pengunduran dirinya dalam beberapa bulan terakhir.

Pembunuhan itu berisiko semakin mengacaukan negara di Karibia itu.

Mantan Presiden Haiti, Joseph Michel Martelly dalam sebuah tweet menyebut "pembunuhan kejam" Presiden Jovenel Moise oleh pria bersenjata sebagai "pukulan keras bagi negara kita dan bagi demokrasi Haiti yang sedang berjuang untuk menemukan jalannya".

Martelly yang seorang musisi dan politisi menjabat presiden Haiti dari 2011 hingga 2016. [pan]

Baca juga:
Aksi Brutal Senator Haiti Bubarkan Pendemo dengan Tembakan
Sejumlah Warga Amerika Ditangkap di Haiti karena Tuduhan Konspirasi
Krisis Ekonomi, Warga Haiti Desak Presiden Jovenel Moise Mundur
Demonstrasi Tuntut Presiden Haiti Mundur, Korban Tewas Terus Bertambah
Warga Haiti Demo Desak Presiden Mundur, Empat Orang Tewas
Jejak Keterlibatan AS dalam Pergantian Rezim di Amerika Latin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini