Presiden Erdogan Kutuk Upaya Kudeta di Venezuela

Rabu, 1 Mei 2019 12:37 Reporter : Supriatin
Presiden Erdogan Kutuk Upaya Kudeta di Venezuela erdogan. ©Daily Sabah

Merdeka.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk upaya kudeta di Venezuela. Erdogan mengatakan, Turki sebagai negara yang pernah mengalami kudeta merasakan betul dampak negatif dari perebutan kekuasaan dengan paksa dan tidak secara sah itu.

"Kami, sebagai satu negara yang telah mengalami kudeta dan konsekuensi negatifnya, mengutuk upaya kudeta di Venezuela" kata Erdogan dilansir dari Antara, Selasa (30/4)

Mantan Perdana Menteri Turki ini meminta dunia menghormati pilihan demokratis rakyat di Venezuela.

"Mereka yang berusaha mengangkat gubernur kolonial pascamodern di Venezuela, yaitu negara yang rakyatnya berdaulat dan presidennya muncul melalui pemilihan umum. Mesti mengetahui bahwa hanya pemilihan umum demokratis yang bisa menentukan jalan untuk memerintah negeri itu," ucap Erdogan.

"Kota suara adalah unsur mendasar dalam demokrasi," imbuhnya.

Pernyataan sikap Erdogan ini disampaikan setelah Wakil Presiden Venezuela, Jorge Rodriguez mengatakan sekelompok tentara mengambil posisi di Jalan Altamira, di dekat pangkalan militer utama La Carlota. Mereka melancarkan pemberontakan melawan Undang-undang Dasar dan kedamaian di negeri tersebut.

Sebelumnya, pemimpin oposisi Juan Guaido mendorong rakyat agar turun ke jalan-jalan mendukung para anggota militer menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro. Pria yang menyatakan diri sebagai presiden sementara ini juga menyerukan rakyat "merebut kembali kebebasan".

Dalam laporan VOA Indonesia, yang dikutip Rabu (1/5), Guaido menyiarkan rekaman video di Twitternya. Dalam video itu, ia terlihat bersama tentara dan menyerukan pemberontakan guna mengakhiri "perampasan kekuasaan" oleh Presiden Nicolas Maduro.

Sementara itu, Maduro menyeru rakyat agar turun ke jalan guna "melindungi tanah air dan Undang-undang Dasar". [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini