Presiden Argentina Tuai Kecaman Setelah Sebut Orang Brasil 'Berasal dari Hutan'

Kamis, 10 Juni 2021 13:01 Reporter : Hari Ariyanti
Presiden Argentina Tuai Kecaman Setelah Sebut Orang Brasil 'Berasal dari Hutan' Presiden Argentina, Alberto Fernandez, dalam konferensi pers bersama PM Spanyol, Pedro Sanchez di is. ©REUTERS/Agustin Marcarian

Merdeka.com - Presiden Argentina, Alberto Fernandez memicu kegemparan di Twitter pada Rabu, setelah menyebut orang Brasil ‘datang dari hutan’. Komentar itu dia lontarkan saat menerima kunjungan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, yang berupaya meningkatkan hubungan negara Amerika Selatan itu dengan Eropa.

“Orang Meksiko berasal dari orang Indian, orang Brasil berasal dari hutan, tapi kami orang Argentina datang dari kapal. Dan kapal itu datang dari Eropa,” jelasnya, mengacu pada negara di banyak banyak migran Eropa, dilansir Reuters, Kamis (10/6).

Fernandez kemudian meminta maaf atas komentar tersebut dan mengatakan keberagaman negaranya adalah sesuatu yang dibanggakan.

Presiden Fernandez nampaknya mengambil kalimat itu dari sebuah lagu karya musisi lokal, Lito Nebbia, yang Presiden umumkan menjadi penggemar musisi tersebut dalam beberapa kesempatan.

Komentar itu memicu kecaman di media sosial, di mana banyak orang mengkritik Fernandez karena ketidapekaan rasial.

“Saya tidak bermaksud menyerang siapapun, bagaimana pun juga, siapapun yang merasa tersinggung atau tak terlihat, saya menyampaikan permintaan maaf saya,” jelas Fernandez di Twitter.

Media Brasil memuat pernyataan Fernandez tersebut pada Rabu dan banyak pengguna media sosial berseloroh Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang merupakan sayap kanan akan senang membalas pemimpin sayap kiri Argentina itu.

Bolsonaro menunggah fotonya di Twitter memakai hiasan kepala penduduk lokal, tersenyum di tengah sekelompok masyarakat suku asli. Di tweet-nya, dia hanya menulis kata “HUTAN”, disertai emoji bendera Brasil.

Anggota Kongres dan juga putra Jair Bolsonaro, Eduardo Bolsonaro, mengecam komentar Fernandez, menyebutnya “rasis” dan menyinggung ekonomi Argentina yang bermasalah, dalam resesi sejak 2018.

“Saya katakan kapal yang sedang tenggelam itu adalah Argentina,” unggahnya di Twitter.

Warganet di YouTube mengomentari video pidato Fernandez tersebut, mengungkapkan kemarahan maupun kegelisahan.

“Permisi, kawan-kawan Meksiko dan Brasil, atas nama seluruh orang Argentina kami merasa sangat malu. Kalian tahu kami sangat mencintai kalian, dan negara dan adat kalian,” kata salah seorang pengguna YouTube dengan nama Barbara Bongiovanni. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini