PM Inggris sebut bom di konser Ariana Grande ulah teroris

Selasa, 23 Mei 2017 09:53 Reporter : Ira Astiana
PM Inggris sebut bom di konser Ariana Grande ulah teroris ledakan di konser ariana grande. ©2017 REUTERS/Andrew Yates

Merdeka.com - Polisi inggris melaporkan, sedikitnya 19 orang tewas dan 50 lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan yang terjadi usai konser Ariana Grande di Manchester Arena, Inggris bagian utara, Senin malam waktu setempat.

Polisi menilai bahwa ini merupakan aksi terorisme dan pelaku diperkirakan sengaja meledakkan bom bunuh diri di wilayah tersebut.

"Sejauh ini 19 orang sudah dikonfirmasi tewas, dan 50 lainnya mengalami luka-luka. Kami memperkirakan ini adalah insiden terorisme sampai nanti polisi mengungkapkan alasan lain," demikian ditulis dalam akun media sosial Twitter Greater Manchester Police, seperti dilansir dari laman Straits Times, Selasa (23/5).

Hal serupa turut disampaikan oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May. Melalui pernyataan resminya, May menyatakan insiden ini mengarah kepada tindakan terorisme.

"Polisi menganggap ini sebagai aksi terorisme. Saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengembangkan sebab kejadian yang lebih detail," ujarnya.

Selain itu, May juga menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya bagi seluruh korban dan keluarga yang ditinggalkan.

"Kami menyampaikan rasa bela sungkawa untuk para korban dan keluarga yang turut terkena imbas insiden ini," tuturnya.

Sementara itu, KBRI London menyatakan akan mengawal perkembangan terkait peristiwa ini untuk memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban pada insiden tersebut. Selain itu, KBRI juga meminta agar WNI untuk sementara waktu menjauhi wilayah terkena dampak bom.

"KBRI London memantau perkembangan investigasi polisi dan mengimbau WNI untuk menghindari daerah Manchester Arena. Hotline KBRI +447881221235," demikian ditulis dalam akun Twitter resmi KBRI London. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini