PM Belgia Mengundurkan Diri Usai Berseteru Soal Isu Imigran Dengan Koalisi

Rabu, 19 Desember 2018 15:24 Reporter : Ira Astiana
PM Belgia Mengundurkan Diri Usai Berseteru Soal Isu Imigran Dengan Koalisi Charles Michel. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengundurkan diri dari jabatannya setelah terlibat perseteruan mengenai isu imigran. Dalam sebuah laporan, rekan koalisi Michel banyak yang hengkang akibat terlibat ketegangan dengannya karena isu tersebut.

Michel kehilangan dukungan dari New Flemish Alliance (N-VA) yang merupakan koalisi nasionalis Belgia atas kesepakatan PBB yang ditandatangani di Marrakesh, Maroko, pekan lalu.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari BBC pada Rabu (19/12), pengunduran dirinya tersebut juga terjadi akibat desakan serangkaian unjuk rasa di Brussels, yang meluapkan kemarahan terhadap penandatanganan pakta PBB tentang imigran.

Keputusan Michel untuk mundur dari posisi perdana menteri telah disampaikan ke Raja Philippe. Namun, pihak Kerajaan Belgia belum memberikan tanggapan resmi terhadapnya.

Sebagai informasi Michel (42) menjabat sebagai perdana menteri pada Oktober 2014, setelah membentuk koalisi sayap kanan. Dia juga disebut sebagai sosok termuda yang memimpin pemerintahan Belgia, sejak negara itu memproklamirkan bentuk monarki konstitusional pada 1841.

Pengunduran diri Michel disampaikan menyusul perdebatan di parlemen, di mana partai-partai oposisi menolak seruan untuk mendukung kebijakan baru pada isu imigrasi yang diusung oleh pemerintah berkuasa.

Untuk sementara, Belgia tidak akan memiliki perdana menteri hingga pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada Mei mendatang. Meski demikian beberapa pengamat mengatakan situasi ini bisa mendorong dilakukannya pemilu lebih awal di Belgia. Diperkirakan, pemilu tersebut bisa dimajukan dua atau tiga bulan.

Sumber: Liputan6 [ias]

Topik berita Terkait:
  1. Belgia
  2. Imigran
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini