Pesawat Militer AS Jatuh di Afghanistan, Diduga Ditembak Taliban

Selasa, 28 Januari 2020 14:48 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pesawat Militer AS Jatuh di Afghanistan, Diduga Ditembak Taliban pesawat militer as e-11. ©Capt. Keenan Kunst USAF

Merdeka.com - Militer Amerika Serikat hari ini membenarkan pesawat militer mereka jatuh di wilayah yang dikuasai Taliban di Afghanistan. Namun AS membantah pesawat itu jatuh karena ditembak Taliban.

"Tidak ada tanda-tanda pesawat itu jatuh akibat tembakan musuh," ujar juru bicara militer AS Kolonel Sonny Leggett di akun Twitternya, seperti dilansir laman Haaretz, Selasa (28/1). "Klaim Taliban bahwa ada pesawat lain juga jatuh keliru."

Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial memperlihatkan lokasi jatuhnya pesawat dan puing pesawat yang diduga Bombardier E-11A. Pesawat itu biasa digunakan AS untuk menggelar operasi pemantauan elektronik di Afghanistan. Militer AS kemudian membenarkan pesawat E-11A itu jatuh.

1 dari 1 halaman

Pejabat militer AS yang enggan diketahui identitasnya mengatakan sejauh ini tidak ada tanda-tanda pesawat itu ditembak jatuh oleh musuh. Salah satu pejabat AS mengatakan penumpang pesawat itu kurang dari 10 orang.

"Pesawat yang sedang dalam misi intelijen itu jatuh di wilayah Sado Khel Distrik Deh Yak, provinsi Gahzni," kata Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban dalam sebuah pernyataan.

Mujahid tidak menyebut bagaimana anggota militan Taliban menjatuhkan pesawat itu. Dia mengatakan salah satu kru pesawat adalah seorang pejabat tinggi AS. Namun pernyataan ini dibantah seorang pejabat pertahanan AS.

Taliban selama ini menguasai sebagian besar wilayah Provinsi Ghazni. [pan]

Baca juga:
Taliban Culik Puluhan Aktivis Perdamaian Afghanistan
Serangan Taliban Lebih Mematikan dari ISIS Selama 2018
Perempuan Afghanistan Menatap Suram Masa Depan di Bawah Taliban
Trump Sesumbar Bisa Menangkan Perang Afghanistan dalam Sepekan Tanpa Nuklir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini