Pesawat maskapai China mendarat di Sydney karena tutup mesin bolong

Senin, 12 Juni 2017 11:32 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Pesawat maskapai China mendarat di Sydney karena tutup mesin bolong Mesin pesawat bolong. ©2017 ason Reed-Reuters, New China Xinhua,Jim Roberts

Merdeka.com - Pesawat penumpang Airbus A330-200 dengan nomor penerbangan MU736 milik maskapai China Eastern harus mendarat kembali ke Sydney, Australia, karena mengalami kerusakan saat mengudara. Setelah sampai di darat dan diperiksa, ternyata tutup mesin sebelah kiri burung besi itu bolong.

Dari foto tersebar di dunia maya, nampak tutup mesin jet sebelah kiri pesawat itu bolong dengan panjang lebih dari satu meter. Beruntung pesawat berhasil mendarat dengan selamat.

mesin pesawat bolong

"Kru pesawat melihat kondisi pada mesin kiri yang rusak dan memutuskan mendarat di Sydney secepat mungkin. Semua kru dan penumpang selamat," kata General Manager China Eastern, Kathy Zhang, seperti dilansir dari laman Reuters, Senin (12/6).

Airbus A330-200 dibekali mesin jet ganda Trent 700 buatan Rolls Royce. Perusahaan menyatakan segera mengusut kejadian membahayakan itu.

"Kami menyadari insiden itu dan akan menyelidiki dengan pengguna kami buat mencari tahu penyebabnya," kata juru bicara Rolls Royce.

Maskapai China Eastern menyatakan insiden ini adalah masalah besar dan penyelidikan bakal digelar bersama dengan pemerintah, Rolls Royce, dan mereka sebagai pengguna.

Penumpang mengaku mendengar dentuman ketika pesawat lepas landas. Sesaat kemudian tercium aroma terbakar. Ketika mereka menoleh ke jendela, ternyata tutup mesin sebelah kiri sudah terkoyak.

"Kami panik banget karena enggak tahu apa yang terjadi," kata penumpang yang tidak disebutkan namanya.

mesin pesawat bolong [ary]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini