KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pesawat buatan Indonesia milik AU Malaysia jatuh saat latihan

Sabtu, 27 Februari 2016 11:33 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Pesawat AU Malaysia jatuh saat latihan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pesawat CN235 milik Angkatan Laut Malaysia jatuh saat tengah melakukan latihan di dekat pantai di Kuala Selangor, Malaysia. Meski demikian, semua penumpang dinyatakan selamat.

Pesawat CN235 buatan Dirgantara Indonesia ini di terjatuh saat tengah melakukan latihan rutin kemarin, Jumat (26/2). Meski demikian, burung besi itu sempat mendarat darurat dekat Pantai Asam Jawa sekitar pukul 8.40 pagi waktu setempat.

Dilaporkan Straits Times, pesawat CN235 itu juga sempat memberikan pesan bahaya selama 10 menit setelah penerbangan. Pesawat jatuh akibat adanya kerusakan di bagian mesin.

Beruntung pesawat sudah mendarat darurat di pesisir pantai sebelum habis dilalap api.

"Angkatan Udara Malaysia (RMAF) sudah mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kerusakan mesin pesawat, dan akan melakukan proses evakuasi pesawat juga," seperti dikutip dalam pernyataan tertulis RMAF.

Delapan orang yang berada di dalam pesawat tersebut juga sudah dibawa ke rumah sakit di Tanjong Karang dan saat ini sudah diterbangkan dengan helikopter ke basis Angkatan Udara di Subang.

Seorang warga yang tinggal 500 meter dari tempat kejadian, Zulkifli Mat Sakam, mengatakan insiden jatuhnya pesawat milik RMAF itu benar-benar mengagetkan.

"Saya berada di dalam rumah sekitar pukul delapan ketika saya mendengar ada suara keras, bukan ledakan tapi seperti benda besar yang menghantam tanah," seru dia.

"Ketika saya keluar rumah untuk melihat apa yang terjadi, terlihat asap hitam membumbung tinggi ke udara," pungkasnya. [ard]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.