Perwakilan Taliban Bakal Temui Pejabat AS Bahas Konflik Afghanistan

Senin, 17 Desember 2018 14:10 Reporter : Jayanti
Perwakilan Taliban Bakal Temui Pejabat AS Bahas Konflik Afghanistan Genjatan senjata Taliban dengan tentara Afganistan. ©REUTERS/Parwiz

Merdeka.com - Juru bicara Taliban Afganistan mengatakan, wakilnya akan menemui pejabat Amerika Serikat di Uni Emirat Arab pada Senin (17/12). Pertemuan ini dilakukan sebagai langkah diplomatik menyetujui dasar pembicaraan untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung selama 17 tahun di Afghanistan.

Dilansir dari Reuters pada Senin (17/12), Zabihullah Mujahid menuliskan pada akun twitternya bahwa perwakilan dari Arab Saudi, Pakistan, dan Uni Emirat Arab juga akan mengambil bagian dalam pertemuan itu.

Pertemuan ini juga akan diikuti oleh setidaknya dua pertemuan lain yang melibatkan para pejabat Taliban dan utusan khusus perdamaian AS Zalmay Khalilzad di Qatar.

Pertemuan itu dilakukan sebagai upaya diplomatik untuk menyelesaikan konflik di Afghanistan, meskipun sejauh ini Taliban menolak untuk berhubungan langsung dengan pemerintah yang didukung Barat di Kabul.

Taliban mengatakan kehadiran pasukan internasional di Afghanistan adalah kendala utama bagi terjadinya perdamaian. Tidak hanya itu, Taliban juga pernah mengungkapkan bahwa masalah lainnya termasuk saling melakukan pengakuan dengan pemerintah Afghanistan, sedangkan perubahan konstitusi dan hak-hak perempuan menurut Taliban masih dapat dinegosiasikan. [ias]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini