Perusahaan China Kembangkan Teknologi Iron Man untuk Militer dan Logistik

Jumat, 13 September 2019 13:39 Reporter : Ya'cob Billiocta
Perusahaan China Kembangkan Teknologi Iron Man untuk Militer dan Logistik Pemuda China Kembangkan Teknologi Iron Man untuk Militer dan Logistik. ©2019 Merdeka.com/Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Perusahaan asal China, C-Exoskeleton Technology mengembangkan sebuah teknologi yang memudahkan orang memindah maupun mengangkat benda berat. Teknologi power suit ini terinspirasi dari superhero fiksi Iron Man, dan dipamerkan di Taobao Maker Festival 2019.

"Kami mengembangkan sebuah teknologi 'power suite', dimana manusia yang memakainya akan menjadi lebih kuat seperti Iron Man. Kami menggunakannya untuk dua tujuan utama, yaitu logistik dan militer," kata founder C-Exoskeleton Chao Wang kepada wartawan di Hangzhou, China, Kamis (12/9).

Di bidang logistik, pakaian ini bisa memudahkan karyawan untuk memindahkan dan menata barang. Jika selama ini mereka memindahkan 300 obyek setiap hari, dengan alat ini mereka bisa mengangkat 4.000 obyek dengan mudah.

"Tentara juga harus mengangkat peralatan yang berat, karena itu alat ini akan sangat berguna," lanjutnya.

Di masa depan, alat ini bisa digunakan untuk mempermudah penanganan bencana alam atau pemadaman kebakaran.

Power suit ini berbentuk kerangka besi dengan pegas yang terpasang di kaki. Mesin utama menempel di rompi. Sedangkan tombol kendali berada di jari.

Chao Wang menceritakan, perusahaan yang dia bangun saat menjadi mahasiswa semester pertama. Di tahun kedua kuliah, dia dikeluarkan dari kampus.

"Sekarang adalah tahun ke-6 saya mengembangkan perusahaan startup ini. Sekarang, valuasi kami lebih dari 100 juta yuan. Kami sangat menyukai Taobao Maker Festival karena menggabungkan teknologi dan seni. Kami juga mempunyai nilai-nilai yang sama, seperti inovasi dan kreativitas," lanjutnya.

Taobao Maker Festival (TMF) merupakan hasil prakarsa dari Alibaba Group. Kegiatan tahunan ini akan berlangsung di Hangzhou Boiler Factory dan West Lake, Hangzhou, China. Patform kewirausahaan dan inovasi terbesar di China ini sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraan, dan sudah menjadi acara unggulan dalam ekosistem Alibaba.

Tahun ini, Taobao Maker Festival akan menampilkan semangat wirausaha dan inovasi dari para pedagang dan desainer, di mana semangat ini juga merupakan tren yang sedang berkembang pesat di kalangan Generasi Z dan konsumen muda di China.

Skala dan keberagaman produk dari TMF terus bertumbuh, begitu juga dengan kekuatannya untuk menginspirasi dan perannya sebagai platform penemuan baru bagi ekonomi Alibaba.

Di TMF 2019 setidaknya terdapat kurang lebih 1.000 produk baru yang akan dipamerkan.

Venue utama TMF, yaitu di Hangzhou Boiler Factory, akan dibagi menjadi enam zone khusus dengan tema: teknologi, budaya Tiongkok, tren, desain, makanan dan produk kreatif.

Sementara itu, venue kedua di West Lake akan menjadi tempat penyelenggaraan Broken Bridge Fashion Show pada tanggal 12 September, dan pameran warisan budaya di Solitary Hill pada tanggal 12-17 September 2019. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. China
  2. Militer
  3. Teknologi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini