Perempuan Suku Suri di Ethiopia punya bibir terlebar sejagat

Senin, 21 April 2014 21:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Perempuan Suku Suri di Ethiopia punya bibir terlebar sejagat Perempuan Suku Suri di Ethiopia. ©Daily Mail

Merdeka.com - Di banyak negara di zaman ini peradaban manusia mengenal arti cantik bagi kaum hawa adalah mereka yang punya tubuh ramping, seksi, kulit putih bersih, dan seterusnya.

Namun meski zaman kian modern di sejumlah belahan dunia masih ada suku-suku di Afrika, tepatnya di Ethiopia, mempunyai definisi cantik yang berbeda dari banyak negara lain.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Ahad (20/4), bagi Suku Suri di Ethiopia, perempuan itu makin cantik jika mempunyai bibir yang lebar dan panjang.

Ketika gadis di sana mengalami masa dewasa maka dua gigi bawah di bagian depan mulut mereka akan dicopot. Ritual itu dilakukan dalam suatu upacara khusus sebelum bagian bawah bibir mereka dilubangi hingga ke tepi.

Kemudian sebuah lempengan tanah liat diletakkan di lubang tadi hingga bibir bagian bawah meregang. Seiring waktu maka bibir mereka akan semakin lebar dan panjang.

Semakin lebar lempengan tanah liat itu bisa dipasang maka semakin banyak pula sapi yang bisa diminta ayah gadis itu sebagai mas kawin buat putrinya.

Lempengan kecil berarti mas kawinnya adalah 40 ekor sapi dan lempengan besar 60 ekor sapi.

Namun dalam beberapa tahun belakangan sejumlah perempuan di suku itu menolak bibir mereka dilubangi atau gigi mereka dicopot. Mereka takut trauma menjalani ritual itu. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Ethiopia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini