Perempuan Saudi Kini Bisa Mendaftar Jadi Anggota Militer

Senin, 22 Februari 2021 12:55 Reporter : Hari Ariyanti
Perempuan Saudi Kini Bisa Mendaftar Jadi Anggota Militer perempuan saudi. ©Independent

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengumumkan laki-laki dan perempuan sekarang bisa mendaftar menjadi anggota militer melalui portal masuk terpadu yang mereka siapkan.

Perempuan bisa mendaftar untuk menjadi anggota Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Arab Saudi atau Angkatan Udara, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Pelayanan Medis Angkatan Bersenjata.

Dikutip dari Al Arabiya, Senin (22/2), Kementerian Pertahanan mengatakan, perempuan Saudi bisa direkrut menjadi tentara, kopral tombak, kopral, sersan, dan sersan staf.

Kebijakan baru ini merupakan bagian dari Visi 2030 yang diinisiasi Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), melakukan reformasi untuk memajukan perempuan Saudi di berbagai bidang.

Untuk bergabung menjadi anggota militer, syarat bagi perempuan yaitu berusia antara 21 dan 40 tahun, tinggi badan minimal 155 cm, dan tak berlaku untuk yang berstatus sebagai PNS.
Syarat lainnya yaitu harus lolos prosedur tes penerimaan, memiliki catatan kriminal yang bersih, dan sehat secara medis.

Seorang perempuan Arab Saudi juga harus memiliki kartu identitas nasional independen, minimal lulusan SMA, dan tak boleh menikah dengan warga non-Arab Saudi.

Bagi laki-laki Arab Saudi yang ingin menjadi anggota militer, syaratnya harus berusia antara 17 dan 40 tahun. Selain itu tingginya minimal 160 cm.

Mereka juga harus lolos prosedur tes penerimaan, bersih dari catatan kriminal, dan memiliki badan sehat. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Arab Saudi
  3. Ragam Konten
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini