Perbandingan Kekuatan Senjata Nuklir India versus Pakistan

Jumat, 1 Maret 2019 07:31 Reporter : Pandasurya Wijaya
Perbandingan Kekuatan Senjata Nuklir India versus Pakistan rudal shaheen 3 pakistan. ©financialexpress.com

Merdeka.com - Hasil pemeriksaan Institut Penelitian Perdamaian Internasional (SIPRI) di Stockholm yang dirilis Juni tahun lalu menyebutkan Pakistan saat ini memiliki 140-150 hulu ledak nuklir. Sedangkan India memiliki 130-140.

Dari segi jumlah hulu ledak Pakistan memang masih sedikit lebih unggul dari India. Namun India diyakini memiliki sistem pertahanan lebih tangguh untuk menangkal serangan dan melancarkan serangan balasan serta berkemampuan memodernisasi peralatan perangnya.

"India dan Pakistan saling memperbanyak cadangan senjata nuklir mereka sekaligus memperbarui sistem pertahanan, baik di darat, laut, dan udara. China masih melanjutkan memodernisasi sistem senjata nuklirnya dan perlahan menambah jumlah persenjataan nuklir," kata SIPRI, seperti dilansir laman the Times of India, Juni tahun lalu.

Sumber keamanan India mengatakan, karena bisa ada ancaman dari China dan Pakistan, India tak punya pilihan lain untuk membangun sistem pertahanan nuklir yang mampu menghindari kerusakan parah dan lancarkan serangan balasan.

"Jumlah hulu ledak nuklir tidak terlalu masalah. Dengan kebijakan tidak memakai nuklir pertama kali, India berupaya memastikan keselamatan aset kami dan memastikan kemampuan sistem komando, kendali, komunikasi nuklir untuk melancarkan serangan kedua. Kami sudah mengembangkan tahap ini," kata seorang sumber.

rudal agni 5 india ©Rediffmail

Pakistan selama ini membiarkan kebijakan nuklirnya tetap samar untuk mencegah India melancarkan aksi militer meski berulang kali melakukan provokasi. Pakistan juga memiliki program nuklir dengan pasokan pengayaan uranium cepat untuk membuat senjata grade plutonium lewat bantuan reaktor di kompleks nuklir Khushab atas bantuan China.

Islamabad juga punya rudal nuklir dengan daya jelajah 70 kilometer, Nasr (Hatf-IX) untuk menghadapi serangan konvensional India.

Selain itu Pakistan masih punya rudal nuklir Shaheen-III dengan daya jangkau 2.750 kilometer.

"Bagi India, senjata nuklir bukan untuk pertempuran. Tapi kami harus punya pencegahan jika sewaktu-waktu musuh menyerang," kata sumber.

China, dengan pesatnya modernisasi peralatan militer dan nuklir mereka, tentu menjadi ancaman tersendiri. India dengan program senjata nuklir berbasis plutonium, diperkirakan akan menambah cadangan hulu ledak hingga 200 buah dalam 10 tahun ke depan.

Komando Pasukan Strategis kini tengah menggarap proyek rudal balistik antarbenua yang punya jangkauan 5.000 kilometer yakni rudal Agni-V. Rudal ini diyakini bisa mencapai wilayah paling utara China.

Namun India masih kurang kekuatannya di sektor kapal selam. Jumlah kapal selam bersenjata nuklir kini hanya ada satu armada. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini