Penyerang Bersenjata Pisau di Nice Prancis Disebut Warga Negara Tunisia

Jumat, 30 Oktober 2020 10:20 Reporter : Hari Ariyanti
Penyerang Bersenjata Pisau di Nice Prancis Disebut Warga Negara Tunisia Polisi Prancis berjaga-jaga setelah serangan pisau di Nice. ©2020 Valery HACHE / AFP

Merdeka.com - Prancis kembali diguncang serangan sekitar dua pekan setelah seorang guru dipenggal kepalanya pada 16 Oktober lalu. Serangan pada Kamis (29/10) terjadi di sebuah gereja di kota Nice. Tiga orang tewas dalam kejadian ini di mana salah satu korban dipenggal kepalanya oleh pelaku.

Pelaku disebut merupakan warga negara Tunisia. Seorang sumber polisi mengungkapkan kepada Reuters, pelaku diyakini oleh para penegak hukum seorang berkebangsaan Tunisia berusia 21 tahun. Dia masuk ke Prancis dari Italia baru-baru ini.

Seorang sumber keamanan Tunisia dan seorang sumber kepolisian Prancis kemudian mengidentifikasi pelaku ini sebagai Brahim Aouissaoui.

Jaksa pengadilan anti terorisme Tunisia mulai melakukan penyelidikan forensik terkait pelaku ini. Demikian disampaikan juru bicara pengadilan khusus pemberantasan militansi, Mohsen Dali di Tunisia, dikutip dari Reuters, Jumat (30/10).

Dali mengatakan, Brahim Aouissaoui tidak terdaftar dalam kepolisian Tunisia sebagai anggota militan yang dicurigai sebelum dia meninggalkan negaranya pada September.

Aouissaoui meninggalkan Tunisia menggunakan kapal pada 14 September dan tiba di Nice pada Rabu. Tunisia, kata Dali, tengah menyelidiki Aouissaoui, yang saat ini telah ditangkap kepolisian Prancis.

Aouissaoui berasal dari desa Sidi Omar Bouhajla dekat Kairouan, tapi baru-baru ini tinggal di Sfax dan kepolisian tengah meminta keterangan keluarganya di sana.

Sfax, sebuah kota pelabuhan utama 130 kilometer dari pulau kecil Italia, Lampedusa. Sfax merupakan titik utama keberangkatan warga Tunisia yang ingin menyeberangi Eropa secara ilegal.

Seorang sumber kepolisian Prancis mengatakan, Aouissaoui tak dikenal di kalangan intelijen Prancis.

Baca Selanjutnya: Batalkan Perayaan Maulid Nabi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini