Penerima Nobel Malala Yousafzai pulang ke Pakistan setelah 6 tahun tinggal di Inggris

Kamis, 29 Maret 2018 11:42 Reporter : Farah Fuadona
Penerima Nobel Malala Yousafzai pulang ke Pakistan setelah 6 tahun tinggal di Inggris Peraih Nobel dan aktivis pendidikan Malala Yousafzai. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Peraih Nobel dan aktivis pendidikan Malala Yousafzai kembali ke negaranya Pakistan. Stasiun Pakistan Geo TV memperlihatkan rekaman Yousafzai di Bandara Internasional Islamabad berjalan menuju mobil dengan pengawalan ketat.

Minggu lalu di Twitter, Yousafzai mengungkapkan kerinduan kepada tanah airnya. Sejak peristiwa penembakan dirinya oleh orang-orang bersenjata Taliban atas pembelaanya kepada hak perempuan untuk bersekolah, dia pindah ke Inggris.

"Pada hari ini, saya sangat merindukan kenangan indah tentang rumah, bermain kriket di atas atap dan menyanyikan lagu kebangsaan di sekolah. Happy Pakistan day!", Tulisnya pada 23 Maret, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/3).

Pada usia 17 tahun, Yousafzai menjadi penerima termuda Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2014 atas perjuangannya dalam bidang pendidikan. Ia menulis blog untuk layanan BBC Urdu yang mendukung pendidikan perempuan.

Saat itu, Taliban Pakistan menguasai kampung halamannya di Lembah Swat. Mereka meledakkan sekolah-sekolah perempuan dan memaksakan hukum syariah selama di sana. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Pakistan
  2. Nobel
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini