Penemuan Menakjubkan Manusia Awalnya Tak Masuk Akal

Jumat, 30 November 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Penemuan Menakjubkan Manusia Awalnya Tak Masuk Akal penemuan aneh matahari buatan. ©2018 Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences

Merdeka.com - Manusia terus melakukan penelitian untuk menghasilkan penemuan-penemuan yang spektakuler. Termasuk dalam bidang teknologi.

Dari tahun ke tahun selalu muncul inovasi-inovasi baru. Bahkan menelurkan sebuah karya yang tak terbayangkan sebelumnya. Berikut penemuan menakjubkan yang aneh dan tak masuk akal:

1 dari 4 halaman

Ciptakan Matahari Buatan

buatan rev1Teknologi Matahari Buatan. ©2018 Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences

Para ilmuwan China belum lama ini telah berhasil menciptakan matahari buatan. Pencapaian ini menjadi tonggak penting untuk meniru proses matahari menghasilkan energi yang disebut dengan fusi nuklir.

Tim ilmuwan dari Tiongkok's Institute of Plasma Physics mengumumkan bahwa reaktor Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) di Hefei Institutes of Physical Sciences, telah mencapai panas 100 juta derajat Celsius.

EAST mampu menghasilkan suhu yang diperlukan untuk menciptakan reaksi fusi nuklir sehingga bisa memproduksi lebih banyak energi. Karena kemampuannya itu EAST dijuluki matahari buatan.

2 dari 4 halaman

Mobil Transparan

rev1mobil transparan. ©2018 Mashable

Mahasiswa lulusan Graduate School of Media Design di Keio University bernama Susumu Tachi dan Masahiko Inami mengusulkan konsep mobil transparan. Tujuannya untuk meminimalisir tingkat kecelakaan dari pengguna jalan yang berada di dekat mobil tersebut.

Terdengar mustahil jika mobil transparan mampu menghindari kecelakaan. Meskipun begitu, konsep ini kabarnya akan segera diwujudkan oleh para ilmuwan dan perusahaan di Jepang. Bila konsep ini berjalan sesuai rencana, bukan tak mungkin negara barat akan membuat konsep yang serupa.

3 dari 4 halaman

Robot Saos Tomat

tomat rev1Robot tidak masuk akal. © cheatsheet.com

Saus tomat biasanya kita butuhkan untuk pelengkap berbagai makanan, seperti burger, kentang goreng, pizza, dan masih banyak lagi. Botol saus tomat juga mudah digunakan, sehingga kita tidak perlu bantuan siapapun. Namun, pernahkah Anda malas untuk menuangkan saus tomat tersebut?

Jika pernah, mungkin insinyur dari Prancis ini juga mengalami hal yang sama. Karena Dia ingin saus tomat tertuang di makanannya secara otomatis, Dia menciptakan sebuah robot untuk melakukannya. Robot ini digerakkan dengan mobil remot mainan yang mempunyai alat khusus untuk memencet botol saus tomat.

Namun sepertinya, pembuatan robot ini gagal. Robot ini memang bisa menuangkan saus ke piring, tetapi yang terjadi adalah saus tersebut berceceran di mana-mana. Saus tersebut dipencet tanpa henti oleh robot ini, hingga menimbulkan keributan di sekitarnya.

4 dari 4 halaman

Teknologi Lidah Perasa

perasa rev1Robot tidak masuk akal. © cheatsheet.com

Lidah manusia secara otomatis bisa merasakan semua makanan yang masuk ke mulut. Manusia juga bisa dengan mudah merasakan makanan itu lezat atau tidak. Namun, ada sebuah robot yang bisa membantu manusia untuk menilai suatu makanan.

E-delicious machine adalah mesin yang bisa menilai rendahnya kualitas makanan. Mesin yang dibuat oleh pemerintah Thailand ini digunakan untuk memerangi makanan berkualitas rendah yang banyak ditemukan. E-delicious machine ini akan mengukur sampel makanan dengan berbagai tegangan untuk menghasilkan hasil kimia tertentu.

Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan standar yang berasal hidangan populer di database. Namun karena robot ini tidak memiliki cara untuk menilai seperti manusia, maka mesin ini masih mengandalkan manusia yang merasakannya. [has]

Baca juga:
Forum Ini Bakal Cari Talenta Berbakat di Sektor Teknologi
Tetra Pak dan Tren Digitalisasi Industri Makanan-Minuman Indonesia
Riset Google dan Temasek: Indonesia Akan Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di 2025
Buruh Pabrik Samsung Idap Tumor dan Kanker, Samsung Minta Maaf
Sigapnya Indonesia Hadapi Era 5G
Canggihnya Mobil Listrik Lipat Bikinan Pengusaha Israel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini