Penelitian: Pengobatan Tradisional China Bisa Sembuhkan Kasus Covid Ringan

Jumat, 20 Mei 2022 14:10 Reporter : Hari Ariyanti
Penelitian: Pengobatan Tradisional China Bisa Sembuhkan Kasus Covid Ringan obat herbal. ©2012 nydailynews.com

Merdeka.com - Salah satu obat tradisional China dinilai efektif mengobati Covid-19 dengan gejala ringan, berdasarkan hasil uji coba klinis di Pakistan. Obat yang diberi nama Jinhua Qinggan itu diuji coba di sebuah rumah sakit di Pakistan pada Agustus tahun lalu dengan melibatkan 300 sukarelawan.

Hasil uji coba menunjukkan obat itu ampuh mengobati gejala ringan akibat infeksi Covid-19. Hasil penelitian ini diterbitkan awal pekan ini di jurnal online medRxiv yang khusus menerbitkan temuan awal penelitian medis.

Dikutip dari South China Morning Post, Jumat (20/5), semua peserta penelitian ialah orang dewasa Pakistan dengan gejala ringan Covid-19. Mereka secara acak menerima 5 gram Jinhua Qingga atau butiran plasebo tiga kali sehari selama 10 hari.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari 150 orang. Dari total 256 pasien yang mengikuti penelitian sampai rampung, 129 mengonsumsi Jinhua Qingga dan 127 orang mengonsumsi plasebo.

Para peneliti menemukan, pengobatan menggunakan Jinhua Qingga menunjukkan efektivitas klinis yang lebih besar yaitu 82,67 persen setelah 10 hari, dibandingkan dengan kelompok plasebo yaity 10,72 persen.

Jinhua Qingga atau dikenal sebagai JHQG adalah semacam obat herbal, terbuat dari 12 bahan di antaranya honeysuckle atau kamperfuli (sejenis tanaman perdu dan tumbuhan merambat), akar scullcap Baikal, dan ekstrak artemisia manis.

Para peneliti mengatakan, masa penyembuhan Covid-19 dengan gejala batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, tenggorokan berdahak, dispnea, hidung tersumbat, dan mialgia atau nyeri otot pada kelompok yang diberi JHQG lebih singkat daripada kelompok plasebo.

2 dari 2 halaman

Penelitian ini dilakukan tim dari berbagai negara yaitu Universitas Karachi dan Rumah Sakit Indus Karachi, Pakistan; Universitas China, Hongkong; Fakultas Pengobatan China Universitas Baptis Hong Kong; dan Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Universitas Capital Medical Beijing.

Tim peneliti mengakui penelitian ini tidak melibatkan pasien yang mengalami penyakit penyerta atau komorbid, yang berisiko lebih tinggi terkena Covid parah.

Penelitian ini salah satu bagian dari upaya Beijing untuk membuktikan kepada komunitas internasional terkait efektivitas pengobatan tradisional China dalam mengobati Covid-19. Pengobatan tradisional digunakan secara meluas di China daratan untuk mengobati Covid-19, kerap digabung dengan pengobatan Barat atau modern.

Sejak awal 2020, Jinhua Qingga menjadi salah satu obat tradisional yang direkomendasikan di China daratan untuk mengobati Covid. Dua lainnya yaitu Lianhua Qingwen dan Xuebijing. [pan]

Baca juga:
Covid-19 Berisiko Membunuh 1,5 Juta Jiwa di China
Bocah di China 66 Hari Tinggal Bersama Anjing & Kucing Saat Ortunya Terjebak Lockdown
WNI Harus 7 Kali Tes PCR untuk Ikut Salat Idulfitri di KBRI Beijing
Pengguna Toilet Umum di Beijing Tularkan Virus Corona ke Lebih dari 40 Orang
Dikira Meninggal, Seorang Lansia di China Dimasukkan ke Mobil Jenazah
Gelombang Baru Covid-19 di China, KJRI Beijing Minta 1.376 Pelajar Indonesia Waspada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini