Penelitian: Covid-19 Berisiko Picu Penyakit Mental dan Kelainan Otak

Selasa, 26 Januari 2021 19:14 Reporter : Hari Ariyanti
Penelitian: Covid-19 Berisiko Picu Penyakit Mental dan Kelainan Otak Petugas medis di Italia. ©Paolo Miranda/AFP

Merdeka.com - Sebuah analisis baru mengungkapkan, satu dari delapan orang yang telah terinfeksi Covid-19 didiagnosis dengan penyakit psikiatrik atau neurologi, menambahkan banyaknya bukti dampak virus pada kesehatan mental dan gangguan otak tidak dapat diabaikan.

Analisis yang masih dikaji rekan sejawat itu juga menemukan bahwa angka itu naik jadi satu dari tiga orang ketika dimasukkan pasien dengan riwayat penyakit psikiatrik atau neurologi.

Ditemukan satu dari sembilan pasien juga didiagnosis dengan depresi atau stroke meskipun tak menjalani rawat inap di rumah sakit saat terkena Covid-19. Menurut penulis utama penelitian, Dr Max Taquet dari Departemen Psikiatri Universitas Oxford, hal ini mengejutkan.

Para peneliti menggunakan rekam medis elektronik untuk mengevaluasi 236.379 pasien yang rawat inap dan non rawat inap di AS yang terkonfirmasi Covid-19 dan merupakan penyintas penyakit tersebut, membandingkan mereka dengan sebuah kelompok yang didiagnosis dengan influenza, dan sebuah kelompok yang didiagnosis dengan infeksi sistem pernapasan antara 20 Januari dan 12 Desember 2020.

Analisis, yang memperhitungkan faktor-faktor risiko yang diketahui seperti usia, jenis kelamin, ras, kondisi fisik dan mental yang mendasari dan deprivasi sosial-ekonomi, menemukan bahwa kejadian kondisi neurologis atau psikiatris pasca-Covid dalam enam bulan adalah 33,6 persen. Hampir 13 persen menerima diagnosis seperti itu untuk pertama kalinya.

Data tersebut menyambung penelitian sebelumnya oleh Taquet dan lainnya yang menunjukkan hampir satu dari lima orang yang menderita Covid-19 didiagnosis dengan gangguan kejiwaan dalam waktu tiga bulan setelah dites positif terkena virus.

Baca Selanjutnya: Dalam analisis terbaru para peneliti...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini