Peneliti Ungkap Kemungkinan Asal Muasal Penyakit Hepatitis Akut

Rabu, 18 Mei 2022 11:28 Reporter : Pandasurya Wijaya
Peneliti Ungkap Kemungkinan Asal Muasal Penyakit Hepatitis Akut Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim peneliti dari The Lancet Gastroenterology & Hepatology mengungkapkan SARS-CoV-2 atau virus corona bisa jadi akar dari munculnya penyakit hepatitis akut pada anak.

Serangkaian kejadian yang kemungkinan dipicu oleh kasus penularan SARS-CoV-2 yang tidak terdeteksi bisa jadi menyebabkan munculnya penyakit hepatitis akut yang dilaporkan para ratusan anak di seluruh dunia, kata para peneliti.

Laman Reuters melaporkan, Rabu (18/5), anak-anak yang pernah tertular Covid-19 berisiko besar mengalami gangguan fungsi hati setelah sembuh, menurut laporan yang diunggah Sabtu lalu di medRxiv dan belum dikaji sesama peneliti. Namun sebagian besar anak yang mengalami hepatitis akut yang jarang terjadi di anak kelompok usia itu tidak melaporkan pernah tertular SARS-CoV-2 atau Covid-19. Tapi mereka sebagian besar terinfeksi adenovirus bernama 41F yang tidak diketahui menyerang hati.

Ada kemungkinan anak yang tertular itu, mereka sebagian belum divaksin karena usianya, mengalami gejala ringan atau tidak bergejala akibat tertular Covid-19 yang tidak terdeteksi, kata tim peneliti tersebut.

Jika itu benar, maka menurut para peneliti, partikel virus corona yang masih berada di saluran pencernaan pada anak-anak itu bisa jadi memicu sistem imun untuk bereaksi berlebihan terhadap adenovirus-41F sehingga menimbulkan peradangan protein yang akhirnya merusak hati.

"Kami menyarankan anak-anak dengan hepatitis akut diselidiki virus SARS-CoV-2-nya dan tanda-tanda lain yang memperlihatkan kerusakan hati karena mahkota protein dari virus corona adalah "superantigen" yang sangat sensitif bagi sistem imun, kata mereka. [pan]

Baca juga:
Epidemiolog UGM: Hepatitis Akut Tak Berhubungan dengan Vaksin Covid-19
Kemenkes: Pengidap Hepatitis Akut Alami Kejang & Turun Kesadaran dalam 2 Pekan
Mengapa Hepatitis Akut yang Kini Menyerang Masih Disebut Misterius?
Menkes: Penyebab Hepatitis Akut Masih Dicari
IDI: Adenovirus Masih Tersangka Utama Penyebab Hepatitis Akut
Kemenkes: Kasus Hepatitis Akut di Indonesia Terbanyak Berasal dari Jakarta
IDI: Jika Anak Tunjukkan Gejala Hepatitis Akut, Segera ke Rumah Sakit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini