Peneliti: Tak Ada Tanda Infeksi Covid Setelah Konser di Spanyol Dihadiri 5.000 Orang

Rabu, 28 April 2021 13:00 Reporter : Hari Ariyanti
Peneliti: Tak Ada Tanda Infeksi Covid Setelah Konser di Spanyol Dihadiri 5.000 Orang Konser eksperimen di Barcelona, Spanyol, dihadiri 5.000 penggemar musik yang tidak menerapkan jaga j. ©Reuters

Merdeka.com - Para peneliti di Spanyol menemukan “tidak ada tanda” infeksi tingkat tinggi di antara orang-orang yang hadir dalam konser besar bulan lalu.

Senam orang dites positif virus corona dalam 14 hari setelah menghadiri konser musik eksperimen di Barcelona itu, tapi insiden itu lebih rendah dilihat dalam populasi umum.

Sekitar 5.000 penggemar musik ambil bagian dalam eksperimen tersebut setelah dites negatif Covid-19. Para pengunjung memakai masker tapi tidak menerapkan jarak sosial.

Dari enam orang yang dites positif Covid-19, para peneliti menyimpulkan empat dari mereka terinfeksi di tempat lain, bukan dalam acara konser tersebut. Pihak berwenang Spanyol membiarkan pertunjukan itu terus berlangsung sebagai bagian proyek penelitian.

Menurut para peneliti, tingkat infeksi di antara pengunjung adalah setengah dari tingkat orang pada usia yang sama di Barcelona.

“Tidak ada tanda yang menyatakan penularan berlangsung selama acara tersebut,” jelas spesialis penyakit menular, Josep Maria Llibre dalam konferensi pers pada Selasa, dikutip dari BBC, Rabu (28/4).

Salah satu band yang terlibat dalam konser eksperimen tersebut, Love of Lesbian, menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara dan penasihat ilmiah.

“Kami harap dari sekarang, setelah hasil yang luar biasa ini, dunia budaya akan didengarkan sebagaimana mestinya,” jelas band ini di Twitter.

Konser ini merupakan salah satu perkumpulan terbesar di Eropa sejak pandemi dan dilaksanakan saat sejumlah negara di dunia berusaha mencari cara bagaimana menggelar acara publik dengan aman.

Eksperimen yang sama selama dua hari dilaksanakan di Belanda pada Maret lalu dengan peserta sekitar 1.500 orang. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini