Pemimpin Kristen sebut Hizbullah hanya akan hancurkan Libanon

Kamis, 30 Mei 2013 10:50 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Samir Geagea. chahadatouna.com

Merdeka.com - Salah satu pemimpin Kristen di Libanon, Samir Geagea, kemarin menuding Hizbullah sedang mencoba untuk mengubah Libanon menjadi sebuah negara sektarian.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Kamis (30/5), Geagea, yang juga ketua Partai Pasukan Libanon (LF), mengklaim bahwa konsep kenegaraan di Libanon tidak ada di mata Hizbullah. Dia juga menuding Hizbullah dan pemimpinnya, Hassan Nasrallah, sedang melumpuhkan Libanon.

"Jika Hizbullah tidak ada di Lebanon dan seandainya tentara Libanon ditempatkan di selatan, dan bukannya para milisi, maka tentara kita mampu menang atas Israel berkat dukungan politik, yang tidak lain dari rakyat Libanon," kata Geagea, dalam mengomentari pernyataan Nasrallah tentang ketidakmampuan tentara Libanon menghadapi agresi Israel terhadap negara itu.

Saat itu, Geagea juga mengomentari keterlibatan Hizbullah dalam konflik Suriah.Menurut dia Nasrallah dapat mendukung pemerintahan Presiden Suriah Basyar al-Assad jika memang dia mau.

Namun, dia menjelaskan, pemimpin Hizbullah itu tidak memiliki hak untuk menyembunyikan kejahatan yang dilakukan para pasukan Assad, yang telah berkomitmen untuk melakukan perlawanan terhadap rakyat Suriah.

Dia juga menjelaskan alasan di balik keputusan Hizbullah untuk terlibat dalam konflik Suriah. "Hizbullah turun tangan dalam konflik di Suriah dalam rangka untuk melindungi posisi mereka dan bukan untuk melindungi kaum Islam Syiah."

Sementara itu, pemimpin militer Libanon juga mengklaim bahwa jika Hizbullah masih terus melanjutkan intervensi di Suriah, maka hanya akan mengakibatkan kehancuran bagi Libanon. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Libanon
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.