Pemimpin Dunia Menanti Hasil Pilpres AS, Berharap Kemenangan atau Kekalahan Trump

Jumat, 23 Oktober 2020 08:08 Reporter : Iqbal Fadil
Pemimpin Dunia Menanti Hasil Pilpres AS, Berharap Kemenangan atau Kekalahan Trump Presiden Donald Trump. ©NICHOLAS KAMM/AFP

Merdeka.com - Saat dunia menunggu hasil pemilu presiden Amerika Serikat 3 November mendatang, beberapa pemimpin negara dinilai punya kepentingan terhadap siapa pemenangnya. Kebijakan mereka sangat bergantung pada keberhasilan atau kegagalan Presiden Donald Trump melanjutkan periode kedua.

Salah satunya perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Selama masa pemerintahan Barack Obama, Israel memiliki hubungan yang sulit. Namun di era Trump, Netanyahu memuji pengusaha real estate itu sebagai 'teman terhebat' yang pernah dimiliki Israel di Gedung Putih.

Kebijakan diplomatik Trump sangat condong mendukung Israel seperti mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, menarik diri dari kesepakatan nuklir yang dibuat Obama dengan Iran, dan menawarkan rencana Timur Tengah yang sangat menguntungkan Israel daripada Palestina. Gedung Putih juga menjadi perantara dalam cairnya hubungan diplomatik antara Israel dan Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Tetapi hubungan dekat Netanyahu dengan Trump - dan lebih luas lagi partai Republik dan basis Kristen evangelisnya - ada harganya. Ini telah melemahkan dukungan bipartisan tradisional Israel di Washington dan mengasingkan banyak pendukung Demokrat, terutama sayap progresif yang sedang bangkit, dan komunitas Yahudi Amerika yang sebagian besar liberal.

"Bagi Netanyahu, kemenangan Biden akan menjadi bencana," kata Eytan Gilboa, pakar hubungan AS-Israel di Universitas Bar Ilan Israel seperti dilansir Associated Press, Kamis (22/10). Dia mencatat bahwa Biden telah menjanjikan pendekatan yang berbeda untuk Iran dan Palestina.

Dikesampingkan dan dipermalukan oleh Trump, Palestina tidak merahasiakan harapan mereka untuk kemenangan Biden.

"Jika kami akan hidup empat tahun lagi bersama Presiden Trump, Tuhan tolong kami," kata Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, pekan lalu.

Berikut adalah beberapa pemimpin dunia lain yang berharap besar siapa pemenang Pilpres AS:

Baca Selanjutnya: Sahabat Trump...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini