Pemilu Malaysia jatuh pada 9 Mei mendatang

Selasa, 10 April 2018 12:17 Reporter : Ira Astiana
Pemilu Malaysia jatuh pada 9 Mei mendatang PM Malaysia Najib Razak (kanan) dan pemimpin oposisi Mahathir Mohamad. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum menetapkan hari pemilu ke-14 Malaysia jatuh pada 9 Mei mendatang. Nama-nama kandidat akan diumumkan pada 28 April mendatang sementara periode kampanye dari masing-masing kandidat akan berlangsung selama 11 hari.

Sejauh ini, sudah ada dua kandidat yang dipastikan akan bersaing dalam bursa capres tahun ini.

Perdana Menteri Najib Razak, pemimpin koalisi yang telah memerintah Malaysia sejak masa kemerdekaan Barisan Nasional (BN) kembali mencalonkan diri menjadi presiden meski dibayangi skandal korupsi perusahaan investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

PM Najib akan berhadapan dengan penantang cukup tangguh yakni mentornya yang kini jadi pemimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan, Dr. Mahathir Mohamad.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (10/4), Dr. Mahathir akan maju bersama Anwar Ibrahim yang merupakan mantan rivalnya untuk melawan PM Najib. Dr. Mahathir bergabung dengan partai Anwar yakni Partai Keadilan Rakyat setelah partainya sendiri, Parti Pribumi Bersatu Malaysia dibubarkan sehari sebelum PM Najib membubarkan parlemen.

Partai Dr. Mahathir dibubarkan lantaran gagal menyerahkan dokumen yang diperlukan ke badan yang mengawasi pendaftaran partai politik, Panitera Perhimpunan. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Malaysia
  2. Pemilu Malaysia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini