Pemerintah Siap Beri Bantuan Jurnalis Yuli Korban Deportasi di Hong Kong

Kamis, 5 Desember 2019 12:28 Reporter : Merdeka
Pemerintah Siap Beri Bantuan Jurnalis Yuli Korban Deportasi di Hong Kong yuli riswati. ©SCMP

Merdeka.com - Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyatakan pihaknya siap memberikan perlindungan hukum terhadap Yuli Riswati, pekerja migran dan seorang jurnalis asal Indonesia yang dideportasi oleh pemerintah Hong Kong. Dia menjamin pemerintah akan memberikan bantuan terbaik untuk Yuli.

"Ya kami tentu memberikan perlindungan hukum kepada dia sehingga semua prosesnya berjalan baik," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/12).

Dia mengatakan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong terus berkomunikasi dengan otoritas Hong Kong untuk memberi perlindungan hukum kepada Yuli. Dia tak mau berkomentar saat ditanya penyebab Yuli dideportasi karena menulis pemberitaan demontrasi di Hong Kong.

1 dari 1 halaman

Pemerintah, kata dia, saat ini masih berfokus untuk memastikan keselamatan dan hak-hak hukum terhadap Yuli.

"Kalau hal-hal lain, nanti bisa kita kaji lebih jauh, tapi kita fokus untuk keselamatan yang bersangkutan karena untuk dia dan keluarga dan untuk semua, saya rasa itu," jelasnya.

Sebagai informasi, Yuli Yuli Riswati merupakan pekerja migran Indonesia yang menulis tentang protes pro-demokrasi Hong Kong. Yuli kini dideportasi oleh otoritas Hong Kong dengan alasan visanya telah mati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Yuli Riswati adalah seorang penulis pemenang penghargaan dan pekerja rumah tangga di Hong Kong.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Baca juga:
TKI di Hong Kong Ditangkap lalu Dideportasi Usai Beritakan Demo
Polisi Sita Ratusan Bom Molotov Milik Demonstran Hong Kong
Trump: Jika Bukan Karena Saya, Hong Kong Akan Dilenyapkan Dalam 14 Menit
Kampus Terdampak Demo Hong Kong, Mahasiswa Indonesia Pulang ke Tanah Air
Terkepung Polisi, Demonstran Hong Kong Melarikan Diri Lewat Saluran Pembuangan
Polisi Bersenjata Tangkap Pendemo Hong Kong

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini