Pemerintah Inggris Dukung Serangan Udara Israel ke Gaza

Kamis, 20 Mei 2021 12:00 Reporter : Hari Ariyanti
Pemerintah Inggris Dukung Serangan Udara Israel ke Gaza Kepulan asap setelah serangan udara Israel di Kota Gaza pada 17 Mei 2021. ©Reuters

Merdeka.com - Pemerintah Inggris mengeluarkan pernyataannya mendukung pengeboman Israel di Gaza, mengatakan negara tersebut memiliki hak sah untuk mempertahankan diri.

Berbicara di DPR pada Rabu, Menteri Timur Tengah James Cleverly secara singkat mengatakan semua tindakan Israel itu proporsional dan mencegah kematian warga sipil.

Dia malah lebih fokus mengecam Hamas, menuding Hamas melakukan tindakan terorisme, dan mengatakan tindakan Israel merupakan reaksi atas provokasi Hamas.

“Inggris dengan tegas mengutuk penembakan roket ke Yerusalem dan lokasi lainnya di Israel,” ujar Cleverly, dikutip dari The Independent, Kamis (20/5).

“Kami sangat mengutuk tindakan terorisme ini oleh Hamas dan kelompok teroris lainnya yang harus secara parmanen mengakhiri hasutan dan tembakan roketnya ke Israel. Tidak ada pembenaran menargetkan warga sipil.”

“Israel memiliki hak sah untuk mempertahankan diri dan melindungi penduduknya dari serangan. Dalam melakukan itu, penting semua tindakan proporsional, sejalan dengan hukum humaniter internasional dan berusaha mencegah kematian warga sipil.”

Sebanyak 219 warga Palestina, termasuk 63 anak-anak, terbunuh di Jalur Gaza sejak serangan udara Israel dimulai pada 10 Mei lalu. Roket ditembakkan Hamas, yang berkuasa di Gaza, telah menewaskan 12 orang Israel, dua di antaranya anak-anak.

Baca Selanjutnya: Partai Buruh bela Palestina...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini