Pemberontak Myanmar Klaim Tembak Jatuh Helikopter Militer

Senin, 3 Mei 2021 17:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pemberontak Myanmar Klaim Tembak Jatuh Helikopter Militer militer myanmar. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kelompok Pasukan Kemerdekaan Kachin (KIA), salah satu pemberontak terkuat di Myanmar hari ini mengatakan mereka berhasil menembak jatuh sebuah helikopter militer setelah melancarkan serangan udara. Demikian dikatakan salah satu tokoh pemberontak.

Kepala departemen informasi KIA, Naw Bu, mengatakan helikopter itu ditembak jatuh sekitar pukul 10.20 di sebuah desa dekat Kota Moemauk, Provinsi Kachin.

"Pasukan militer melancarkan serangan udara di daerah itu sejak pukul 08.00 atau 09.00 pagi ini. Mereka memakai jet tempur dan menembak lewat helikopter jadi kami membalas," kata dia via telepon, seperti dilansir laman The Star, Senin (3/5). Dia menolak merinci senjata apa yang dipakai untuk menjatuhkan helikopter itu.

Portal berita Mizzima Daily dan Kachinwaves juga melaporkan jatuhnya helikopter itu dengan memajang foto kepulan asap di lokasi kejadian.

Seorang penduduk di lokasi mengatakan via telepon, empat orang tewas di rumah sakit setelah rentetan tembakan mengenai kuil di desa itu.

Kantor berita Reuters tidak bisa memverifikasi laporan yang ada dan juru bicara militer tidak menjawab permintaan komentar via telepon.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan puluhan ribu warga mengungsi untuk menyelamatkan diri dari konflik antara militer dengan kaum pemberontak di wilayah utara dan timur Myanmar sejak kudeta 1 Februari lalu.

Kelompok pembela HAM mengatakan aparat keamanan sudah menewaskan lebih dari 756 demonstran sejak kudeta. Reuters juga tidak bisa memverifikasi angka jumlah korban tewas ini. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini