Pelatih dan bocah Thailand terjebak dalam gua akan diberi status warga negara

Jumat, 13 Juli 2018 11:57 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pelatih dan bocah Thailand terjebak dalam gua akan diberi status warga negara bocah tim sepak bola thailand moo pa. ©Facebook

Merdeka.com - Pemerintah Thailand mempertimbangkan akan memberikan status warga negara bagi pelatih dan tiga bocah dari tim sepak bola Moo Pa yang terjebak dalam gua Tham Luang selama lebih dari dua pekan.

Bocah bernama Pornchai Kamluang, Adul Sam-on, dan Mongkol Boonpiam serta pelatih mereka Ekapol Chantawong, saat ini tidak memiliki status kewarganegaraan dan tidak termasuk warga negara menurut hukum di Thailand. Ekapol berasal dari wilayah sebelah utara Thailand yang berbatasan dengan Myanmar.

Tiga bocah itu punya kartu identitas Thailand dan karena itu mereka bisa mendapat hak dasar sebagai warga, tapi sang pelatih tidak punya dan dia rentan dideportasi serta tidak memiliki hak untuk fasilitas layanan publik.

Venus Sirsuk, direktur Biro Catatan Sipil di Kementerian Dalam Negeri membenarkan pihaknya tengah memproses pemberian status warga negara bagi keempat anak itu.

"Saat ini petugas di Distrik Mae Sai sedang mencari surat akta kelahiran mereka. Kami harus melihat apakah mereka lahir di Thailan dan apakah mereka punya ayah atau ibu orang Thailand," kata Venus, seperti dilansir laman the Guardian, Jumat (12/7).

Namun Venus tidak menyebutkan berapa lama proses itu.

"Bergantung apakah kami bisa menemukan arsip akta kelahiran itu."

Puttane Kangkun dari lembaga pembela hak asasi Fortify Rights mengatakan tanpa status warga negara maka keempat anak itu menjadi terbatas hak-haknya.

"Menurut hukum Thailand, orang tanpa warga negara masih bisa mendapat kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. Ini sebabnya anak-anak yang tanpa status warga negara itu masih bisa bersekolah," kata Puttane.

"Namun hak-hak mereka, bagaimana pun terbatas, terutama hak untuk mencari pekerjaan dan bepergian. Mereka harus minta izin untuk keluar dari provinsi tempat mereka tinggal dan juga akan kesulitan membuat paspor."

Persoalan status kewarganegaraan mereka ini mencuat ketika kepala tim operasi penyelamatan Narongsak Osatanakorn memberikan pernyataan usai timnya berhasil mengeluarkan ke-12 anak itu dan pelatihnya dari dalam gua Tham Luang.

"Saya yakin mereka akan tumbuh menjadi warga Thailand yang hebat," kata Narongsak. Pernyataan itu seperti mengindikasikan mereka dan pelatihnya akan diberi status kewarganegaraan. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini