Pejabat Kesehatan AS Sebut Pakai Masker Lebih Ampuh dari Suntik Vaksin

Kamis, 17 September 2020 17:28 Reporter : Merdeka
Pejabat Kesehatan AS Sebut Pakai Masker Lebih Ampuh dari Suntik Vaksin warga mengantre masker wajah di tengah wabah virus corona. ©2020 REUTERS/Tyrone Siu

Merdeka.com - Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) Robert Redfield mengatakan, menggunakan masker dapat melindungi individu terhadap virus corona Covid-19 lebih besar dari sekadar vaksin.

Dalam sidang subkomite Senate Appropriations, Redfield mengatakan masker wajah adalah “alat kesehatan masyarakat yang paling penting dan kuat” dan Amerika Serikat dapat mengendalikan pandemi jika semua individu mengenakan masker selama 6 hingga 12 pekan.

“Saya bahkan mungkin melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa masker wajah ini lebih terjamin untuk melindungi saya dari Covid-19 daripada saat saya mengambil vaksinnya, karena imunogenisitasnya mungkin 70 persen dan jika saya tidak mendapat tanggapan kekebalan vaksin itu tidak akan melindungi saya,” jelas Redfield.

“Masker wajah ini akan melindungi saya, kami memiliki bukti ilmiah yang jelas mereka berhasil,” tambahnya, seperti dikutip kantor berita Anadolu Agency, Kamis (17/9).

Redfield mengatakan vaksin mungkin tersedia pada November atau Desember namun tidak dapat diakses secara luas hingga kuartal kedua atau ketiga pada tahun 2021.

Masker diwajibkan di beberapa negara bagian, dan para ahli percaya, mengenakan masker sangat penting untuk memperlambat penyebaran penyakit.

Perhitungan Universitas John Hopkins mengatakan hingga Rabu, lebih dari 6,6 juta orang telah terinfeksi virus tersebut dan lebih dari 196.000 di AS meninggal.

Reporter Magang: Galya Nge [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini