Paus Fransiskus Serukan Dunia Ikut Padamkan Kebakaran Hutan Amazon

Selasa, 27 Agustus 2019 12:16 Reporter : Merdeka
Paus Fransiskus Serukan Dunia Ikut Padamkan Kebakaran Hutan Amazon Paus Fransiskus. umm.ac.id ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Paus Fransiskus menyerukan komitmen global untuk memadamkan api di Hutan Amazon yang sudah lebih tiga pekan terbakar. Paus dua hari lalu mengatakan Hutan Amazon sangat penting untuk kesehatan di planet Bumi.

"Kami semua khawatir tentang kebakaran besar yang semakin luas di Amazon. Mari kita berdoa agar dengan komitmen semua, mereka dapat segera dipadamkan. Paru-paru hutan itu sangat penting bagi planet kita," katanya kepada ribuan orang di Lapangan Santo Petrus untuk misa mingguannya.

Dikutip dari laman Al Arabiya, Selasa (27/8), pemerintah Brasil sejak Sabtu mulai mengerahkan pesawat militer untuk membantu memadamkan kebakaran di Amazon. Peristiwa kebakaran ini memicu protes anti-pemerintah serta protes internasional.

Presiden Jair Bolsonaro juga mencoba untuk meredam kekhawatiran global, dengan mengatakan daerah yang sebelumnya gundul telah terbakar dan bahwa hutan hujan yang utuh terhindar. Meski begitu, kebakaran itu sepertinya akan segera dibahas pada pertemuan puncak para pemimpin G7 di Prancis akhir pekan ini.

Juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada Jumat, kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon merupakan "keadaan darurat akut" dan harus dibahas oleh para pemimpin dunia ketika mereka bertemu di Prancis untuk KTT G7.

"Tingkat kebakaran di daerah Amazon mengejutkan dan mengancam dan tidak hanya untuk Brasil dan negara-negara yang terkena dampak lainnya, tetapi juga untuk seluruh dunia," kata Steffen Seibert kepada wartawan di Berlin.

"Ketika G7 datang bersama akhir pekan ini, maka kanselir yakin bahwa keadaan darurat akut hutan hujan Amazon ini termasuk dalam agenda (pembahasan)."

Reporter Magang: Ellen RiVeren [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini