Paus Fransiskus Serukan Akhiri Krisis Kemanusiaan di Yaman

Senin, 4 Februari 2019 16:04 Reporter : Pandasurya Wijaya
Paus Fransiskus Serukan Akhiri Krisis Kemanusiaan di Yaman Paus Fransiskus berkunjung ke Uni Emirat Arab. ©WAM/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Paus Fransiskus kemarin tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dalam kunjungan pertama pemimpin Katolik dunia di Semenanjung Arab.

Dikutip dari laman Time, Senin (4/2), dalam lawatannya, Paus menyerukan segera dilakukan gencatan senjata supaya bantuan kemanusiaan bisa sampai ke warga yang terkena dampak perang.

Uni Emirat Arab adalah sekutu utama Arab Saudi dalam perang di Yaman. Putra Mahkota UEA Pangeran Muhammad bin Zaid Al Nahyan menyambut kedatangan Paus bersama jajaran menteri ketika pemimpin Katolik itu mendarat di Abu Dhabi pukul 21.50 waktu setempat.

"Rakyat sudah lelah dengan konflik tak berkesudahan dan banyak anak kelaparan, tapi bantuan kemanusiaan tidak tersalurkan," kata Paus dalam Misa Minggu kemarin.

"Tangisan anak-anak dan orangtua mereka berkumandang sampai ke langit."

Paus melawat ke Abu Dhabi dalam rangka mengikuti konferensi dialog antaragama yang disponsori oleh Tokoh Dewan Muslim, organisasi yang bertujuan mencegah fanatisme beragama dengan mempromosikan Islam moderat, gagasan yang disebarkan oleh Imam Masjid Al Azhar Mesir Sheikh Ahmad al Tayib.

Dalam pesan video yang dibuat dalam perjalanan menuju UEA, Paus menyebut Sheikh Ahmad sebagai teman dan saudara. Dia juga menyebut agenda pertemuan itu adalah pertanda 'Tuhan itu menyatukan, bukan memisahkan'. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini