Pasukan Suriah Bergerak ke Utara, Bersiap Hadapi Tentara Turki di Perbatasan

Senin, 14 Oktober 2019 15:13 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pasukan Suriah Bergerak ke Utara, Bersiap Hadapi Tentara Turki di Perbatasan tentara suriah. ©Reuters

Merdeka.com - Otoritas Kurdi di utara Suriah kemarin sepakat dengan pemerintah Suriah untuk menerima kedatangan pasukan Suriah yang akan dikerahkan di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.

Pengerahan pasukan ini juga dimaksudkan untuk membebaskan kota-kota Suriah dari pendudukan tentara Turki seperti di Afrin.

Laman Al Arabiya melaporkan, Senin (14/10), media pemerintah Suriah sebelumnya mengabarkan, pasukan Suriah sudah mulai dikerahkan ke utara untuk menghadapi 'agresi Turki' di wilayah Suriah.

Lembaga Pemantau Hak Asasi Suriah (SOHR) yang berbasis di Inggris mengatakan, tentara Suriah akan memasuki Kota Kobani dan Manbij yang selama ini dikuasai Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam waktu 48 jam setelah kedua pihak bersepakat.

Kantor berita Reuters juga membenarkan laporan yang mengutip stasiun televisi Libanon al-Mayadin yang mengabarkan, pasukan Suriah akan dikerahkan ke Kobani dalam waktu 48 jam dan juga ke Manbij.

Kobani dan Manbij yang dikuasai oleh SDF saat ini menjadi target serangan militer Turki dan milisi Suriah dukungan Turki.

Seorang politikus Kurdi Suriah bernama Ahmad Sulaiman mengatakan kepada Reuters, pemerintah Suriah dan SDF selama ini berunding di pangkalan udara Rusia di Hmeimim, Lattakia, Suriah. Kedua pihak ingin membendung serangan Turki di kawasan itu.

Dia tidak menyebut dirinya atau partainya (Partai Demokratik Progresif Kurdi) ikut berunding dalam kesepakatan itu.

Pejabat kantor media SDF, Mustafa Bali enggan berkomentar ketika ditanya soal ini.

"Kami sudah mengetahui invasi Turki dari awal dan akan mempelajari semua opsi yang bisa mencegah pembersihan etnis kami," kata dia.

Pemerintah Suriah saat ini belum bisa dimintai keterangan.

Sulaiman mengatakan dia berharap ada kesepakatan dengan pemerintah Suriah untuk 'mencegah perang dan terutama dampak dari perang itu'. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini