Pasukan Garda Revolusi Iran dikerahkan ke wilayah rawan unjuk rasa

Kamis, 4 Januari 2018 12:41 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Pasukan Garda Revolusi Iran dikerahkan ke wilayah rawan unjuk rasa Demo massa pro-pemerintah Iran. ©2018 Tasnim News Agency/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Komandan Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Muhammad Ali Jafari kemarin mengatakan dia mengirim pasukannya ke Provinsi Hamadan, Isfahan dan Lorestan, untuk meredam dan menangani hasutan-hasutan yang disebar para pendemo di wilayah tersebut.

Dilansir dari laman Reuters, Kamis (4/1), ketiga provinsi itu menjadi tempat demo antipemerintah yang berlangsung selama enam hari belakangan dan menyebabkan 21 orang tewas. Para pengunjuk rasa menginginkan perbaikan ekonomi, politik dan kesenjangan sosial.

Menurut Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei, negara-negara musuh ingin mencampuri urusan dalam negeri, seperti AS dan Israel. Mereka bisa menggunakan segala cara, termasuk uang, senjata, politik, dan aparat keamanan, untuk menciptakan masalah keamanan.

Pendemo yang mendukung pemerintah juga kemarin menggelar unjuk rasa. Menurut televisi pemerintah, mereka turun ke jalan dengan membawa bendera Iran dan foto Khamenei.

Massa juga meneriakkan nyanyian "Kami menawarkan darah di nadi untuk pemimpin kami (Khamenei)," dan: "Kami tidak akan meninggalkan pemimpin kami sendiri."

Pendemo juga menuduh Amerika Serikat, Israel dan inggris sebagai penghasut dan berteriak, "Si penghasut kerusuhan harus dieksekusi!"

Jafari menambahkan demonstrasi propemerintah menandai berakhirnya unjuk rasa selama enam hari berturut-turut. Dia menuturkan, demo antipemerintah sepekan terakhir diikuti tidak lebih dari 1.500 orang di berbagai tempat, dan pendemo yang tidak setuju dengan pemerintah diikuti tidak lebih dari 15.000 orang di seluruh negeri. [pan]

Baca juga:
Demo Iran bisa berdampak luas ke Timur Tengah
Aksi massa pro-pemerintah menyemut di jalanan Iran
Aktor-aktor kunci dalam unjuk rasa di Iran
KBRI imbau 370 WNI di Iran hindari kerumunan massa demonstrasi
Puluhan ribu massa gelar demo dukung pemerintah Iran

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Iran
  3. Demo Iran
  4. Timur Tengah
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini