Pasien Rawat Inap Covid-19 di Israel Turun 60 Persen Setelah Vaksinasi Massal Pertama

Senin, 25 Januari 2021 09:13 Reporter : Hari Ariyanti
Pasien Rawat Inap Covid-19 di Israel Turun 60 Persen Setelah Vaksinasi Massal Pertama Corona. Liptan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Vaksin dengan cepat mencegah meningkatnya kasus Covid-19 yang memburuk di kalangan masyarakat rentan di Israel.

Efek penuh vaksin Pfizer didapatkan hanya sekitar sebulan setelah suntikan dosis pertama, tapi data dari Israel menunjukkan ada penurunan tajam infeksi.

Awal bulan ini, Maccabi Healthcare Services melaporkan, pihaknya melihat ada penurunan 60 persen infeksi virus corona tiga pekan setelah suntikan pertama vaksin diberikan.

Tapi tak jelas apakah manfaat itu dirasakan juga oleh mereka yang memiliki kecenderungan infeksi ringan dan mereka yang merasakan gejala cukup parah akibat Covid-19.

Saat ini, Maccabi mulai menjawab pertanyaan tersebut: seberapa cepat bangsal Covid-19 di rumah sakit melihat manfaat vaksinasi?

Penurunan pasien rumah sakit sangat cepat setelah vaksinasi, Maccabi mengatakan berdasarkan data terakhir mereka, menemukan angka rawat inap menurun drastis dari hari ke-18 setelah warga menerima suntikan vaksin pertama.

Pada hari ke-23, dua hari setelah suntikan kedua, ada penurunan rawat inap 60 persen di antara warga berusia 60 tahun ke atas, seperti diungkapkan Maccabi setelah memantau 50.777 pasien. Maccabi membandingkan tingkat rawat inap mereka pada saat itu dengan tingkat rawat inap mereka segera setelah menerima vaksin, menggunakan rata-rata pergerakan 7 hari.

Galia Rahav. Kepala Penyakit Menular Sheba Medical Center, rumah sakit terbesar di Israel, menyebut data itu "sangat penting".

"Ini data yang sangat penting," ujar Galia yang tak berkaitan dengan penelitian itu, kepada The Times of Israel, dikutip Senin (251).

"Itu sangat berpengaruh karena di tengah tingginya angka infeksi dan penyebaran varian virus, sulit melihat angka secara umum bagaimana vaksinasi mempengaruhi," lanjutnya.

"Dengan memberikan sebuah pandangan terkait rawat inap di antara lansia yang telah divaksinasi, data ini penting."

Baca Selanjutnya: Namun dia mengingatkan beberapa penurunan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini