Para Pakar di Iran Sebut Gejala Infeksi Covid-19 Berubah, Tak Hanya Batuk & Demam

Jumat, 22 Mei 2020 07:37 Reporter : Hari Ariyanti
Para Pakar di Iran Sebut Gejala Infeksi Covid-19 Berubah, Tak Hanya Batuk & Demam Tim medis di RS Persahabatan. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Sejumlah pakar epidemiologi Iran mengamati, gejala infeksi Covid-19 di negara itu telah bergeser dari gangguan pernafasan ke gangguan gastrointestinal.

Penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru ini pertama kali muncul di kota Wuhan, provinsi Hubei, China akhir tahun lalu, dan telah ditandai dengan gangguan gejala pernapasan, termasuk demam tinggi, batuk dan sesak napas.

Namun setelah berbulan-bulan, dokter dan ahli epidemiologi di seluruh dunia mengidentifikasi indikator baru penyakit Covid-19, seperti menurunnya kepekaan indera perasa dan indera penciuman.

Ahli epidemiologi di Iran mengamati pergeseran gejala pada pasien Covid-19 yang memerlukan rawat inap, sebagaimana dilaporkan Radio Farda pada Selasa.

"Sebelumnya diidentifikasi Covid-19 memiliki gejala seperti batuk, sesak napas dan demam tinggi. Gejala-gejala ini diamati dalam dua bulan pertama setelah wabah. Namun sekarang gejala yang paling penting dari Covid-19 adalah gastrointestinal," jelas Dr Mohammad Reza Mahboubfar, seorang ahli epidemiologi virus dan anggota Satuan Tugas Virus Corona Iran, dilansir dari Alaraby, Kamis (21/5).

Gejala gastrointestinal termasuk diare akut, sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kejang perut, demam rendah, dan kehilangan rasa atau penciuman. Mahboubfar mengatakan persoalan ini telah diamati pada pasien dari segala usia.

Gejala-gejala ini sering disertai dengan demam rendah, atau bahkan tidak demam sama sekali, menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis penyakit Covid-19. Penundaan seperti itu dapat menyebabkan penyebaran virus lebih lanjut dan meluas.

Baca Selanjutnya: Diare Akut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini