Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun

Jumat, 9 April 2021 19:08 Reporter : Hari Ariyanti
Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun Pangeran philip. ©2019 AFP Photo

Merdeka.com - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 99 tahun. Kabar duka ini diumumkan Istana Buckingham.

“Dengan duka mendalam bahwa Ratu Yang Mulia telah mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dunia dengan tenang pagi ini di Kastil Windsor,” jelas Buckingham dalam pernyataannya, dilansir BBC, Jumat (9/4).

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Pangeran Philip telah menginspirasi banyak pemuda yang tidak terhitung jumlahnya.

Berbicara dari kantornya di Downing Street, Boris Johnson mengatakan Pangeran Philip membantu menjalankan Keluarga Kerajaan dan kerajaan, “sehingga tetap menjadi sebuah institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita.”

PM Johnson mengatakan dia menerima kabar duka itu dengan kesedihan mendalam.

“Pangeran Philip mendapatkan kasih sayang dari generasi ke generasi di sini di Inggris Raya, di seluruh Persemakmuran, dan di seluruh dunia,” jelasnya.

Johnson juga mengenang Pangeran Philip sebagai salah satu orang terakhir yang bertahan hidup yang bertempur dalam Perang Dunia Kedua.

“Dari konflik itu dia memetik etika pengabdian yang dia terapkan selama perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di era pasca-Perang,” kata PM.

Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon menyampaikan dia sedih dengan kematian Pangeran Philip.

“Saya menyampaikan belasungkawa pribadi dan mendalam – dan juga dari pemerintahan Skotlandia dan rakyat Skotlandia – kepada Ratu Yang Mulia dan keluarganya,” jelasnya di Twitter.

2 dari 2 halaman
pangeran philip, suami ratu elizabeth meninggal dunia dalam usia 99 tahun

Pangeran Philip menikahi Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum dinobatkan menjadi Ratu, dan merupakan ratu terlama dalam sejarah kerajaan Inggris.

Pada Maret, Pangeran Philip pulang dari rumah sakit setelah dirawat selama sebulan. Dia menjalani perawatan untuk penyakit jantung di rumah sakit di London.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit.

Putra pertama Pangeran Charles atau Prince of Wales, lahir pada 1948, disusul saudara perempuannya Princess Royal Putri Anne yang lahir pada 1950, Duke of York Pangeran Andrew lahir pada 1960, dan Earl of Wessex Pangeran Edward yang lahir pada 1964.

Pangeran Philip lahir di pulau Corfu, Yunani, pada 10 Juni 1921. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra termuda Raja George I dari Hellenes.

Ibunya, Putri Alice, adalah putri dari Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria.

[pan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini