Pangeran MBS: Saya Tidak Perintahkan Khashoggi Dibunuh

Selasa, 1 Oktober 2019 11:36 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pangeran MBS: Saya Tidak Perintahkan Khashoggi Dibunuh khasoggi dan pangeran Muhammad bin Salman. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) dalam wawancara di televisi yang disiarkan kemarin mengatakan dia 'memikul tanggung jawab penuh' atas pembunuhan sadis jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, Oktober tahun lalu.

"Ini kejahatan luar biasa," kata pria berusia 34 tahun itu kepada "60 Minutes" yang disiarkan Minggu. "Tapi saya memikul tanggung jawab penuh sebagai pemimpin di Arab Saudi, terutama perbuatan ini dilakukan oleh sejumlah individu yang bekerja untuk pemerintah Saudi."

Ketika ditanya apakah dia memerintahkan pembunuhan Khashoggi yang kerap mengkritik Saudi dalam tulisan-tulisannya di harian the Washington Post, Pangeran MBS menjawab: "Tentu saja tidak."

"Pembunuhan itu adalah sebuah kesalahan," kata dia, seperti dilansir laman TIME, Selasa (1/10).

Khashoggi pergi ke konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober 2018 untuk melengkapi berkas buat keperluan pernikahannya dengan perempuan Turki. Sejumlah agen dari pemerintah Saudi sudah menunggunya di dalam konsulat dan kemudian membunuh lalu memutilasi mayatnya hingga kemudian tidak pernah ditemukan. Saudi sudah menuntut 11 orang yang terlibat dalam pembunuhan itu dan mengadili mereka dalam sidang yang dilakukan tertutup dan tidak diketahui publik. Namun hingga kini belum ada seorang pun yang didakwa.

Laporan Perserikatan Bangsa-bangsa menyebut Arab Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi dan Pangeran MBS kemungkinan terlibat sehingga harus diselidiki.

Baca Selanjutnya: Khashoggi Tidak Akan Dibunuh Tanpa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini