Palestina Ucapkan Terima Kasih ke Malaysia karena Larang Atlet Israel

Kamis, 31 Januari 2019 17:22 Reporter : Hari Ariyanti
Palestina Ucapkan Terima Kasih ke Malaysia karena Larang Atlet Israel Bendera Palestina berkibar di PBB. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Utusan dari Kementerian Olahraga Palestina dua hari lalu mengunjungi perwakilan Pemerintah Malaysia di Gaza, Mohamad Nadir Qamar Al-Zaman. Dalam kunjungan itu, utusan kementerian ini menyampaikan terima kasih kepada Malaysia karena melarang atlet Israel memasuki Malaysia.

Dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (31/1), utusan Palestina terdiri dari Wakil Menteri Ahmed Muheisin dan sejumlah dirjen di Kementerian Olahraga Palestina. Muheisin memuji pendirian Malaysia sebagai sikap terhormat. Dia juga menyebut Malaysia mendukung Palestina dengan pendirian yang kokoh di masa lalu.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada warga Malaysia dan PM Mahathir Mohamad, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Sadiq atas keputusan menolak atlet Israel tersebut.

Pejabat Pemerintah Malaysia menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengikuti langkah Mahathir untuk mengisolasi pendudukan Israel. Sementara itu, Qamar Al Zaman juga berterima kasih kepada Muheisin dan kementeriannya atas kunjungan tersebut, memuji peran mereka dalam membantu pemuda Palestina.

Pada pertengahan Januari, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menegaskan pihaknya tak menerima atlet Israel di negaranya. Mahathir juga menolak memberi visa bagi tim renang Israel yang akan berlomba dalam Kejuaraan Renang Paralimpic Dunia. Kejuaraan ini diagendakan berlangsung pada musim panas tahun ini.

"Tak ada tempat bagi atlet Israel di Malaysia," tegasnya seperti dilansir dari Middle East Monitor, Senin (14/1).

Mahathir juga menekankan, jika penyelenggara menyikapi sikapnya dengan memutuskan membatalkan kegiatan tersebut, pihaknya mempersilakan. "Mereka bisa melakukan itu (pembatalan)," ujarnya. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini