Palestina kirim 20 truk bantuan kepada korban gempa Sulawesi Tengah

Kamis, 11 Oktober 2018 15:37 Reporter : Teresa Rachel
Palestina kirim 20 truk bantuan kepada korban gempa Sulawesi Tengah Bantuan Palestina untuk Korban Gempa Sulteng. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Palestina memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Indonesia. Bantuan ini diberikan negara tersebut sebagai bentuk terima kasih atas segala yang pernah diberikan oleh Indonesia sebelumnya.

"Bantuan ini jangan disebut bantuan. Ini merupakan kewajiban dalam persaudaraan antara kedua negara," ungkap Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta Pusat, Kamis (11/10).

Sebelumnya lembaga bantuan Palestina atas dasar instruksi dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas, berniat untuk langsung bergerak ke daerah yang terkena bencana.

"Awalnya, kami berencana ingin menyediakan tim, namun daerah terjadinya gempa dan tsunami masih terisolasi. Oleh sebab itu kami memutuskan untuk mengirimkan bantuan dari Jakarta," tutur Direktur Jenderal Lembaga Kerja Sama Internasional Palestina (PICA), Imad Al Zuhairi.

Dubes Palestina serahkan bantuan korban gempa palu 2018 Merdeka.com

Adapun bantuan yang diberikan adalah berupa makanan, minuman, kebutuhan bayi, genset dan tenda yang kurang lebih berjumlah 20 truk. Pihak Palestina sendiri enggan untuk menginformasikan besaran donasi yang akan diberikan, karena tidak etis dalam kebudayaan mereka.

Tak hanya itu, Palestina juga akan memberikan bantuan berupa pembangunan pasca bencana serta pengiriman dokter-dokter setelah keadaan membaik.

Bantuan yang dikirimkan merupakan pemberian dari rakyat Palestina dan pemerintah, yang sudah siap dikirimkan ke Sulawesi Tengah.

Situasi di Sulawesi tengah saat ini masih belum kondusif. Penyaluran bantuan melalui jalur udara masih dialihkan melalui bandara Balikpapan.

Pemerintah Indonesia pun sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas perhatian yang diberikan terhadap keadaan yang menimpa Sulawesi tengah.

Dalam waktu dekat Indonesia dan Palestina juga akan mengadakan Solidarity Week untuk mempererat hubungan antar negara. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini