Pakar Kesehatan Dunia Sebut Tak Ada Jaminan Vaksin Covid-19 Berhasil Dikembangkan

Senin, 20 April 2020 11:40 Reporter : Hari Ariyanti
Pakar Kesehatan Dunia Sebut Tak Ada Jaminan Vaksin Covid-19 Berhasil Dikembangkan Karantina Diri. washingtonpost.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu pakar dunia terkemuka bidang virus corona baru mengatakan tak ada jaminan sebuah vaksin akan berhasil dikembangkan, berarti ancaman akan semakin terus membayangi di masa yang akan datang.

"Anda tidak perlu mengembangkan vaksin yang aman dan efektif terhadap setiap virus," kata David Nabarro, seorang profesor kesehatan dunia di Imperial College London, dan seorang utusan WHO untuk Covid-19, kepada The Observer dalam sebuah wawancara diterbitkan Sabtu.

"Beberapa virus sangat, sangat sulit ketika sampai pada tahap pengembangan vaksin - jadi untuk masa mendatang, kita harus menemukan cara untuk tetap menjalani hidup kita dengan virus ini sebagai ancaman terus menerus,” tambah Nabarro, dilansir dari The Times of Israel, Senin (20/4).

"Itu artinya mengisolasi mereka yang menunjukkan tanda-tanda penyakit ini dan juga riwayat kontak mereka. Lansia akan dilindungi. Penambahan kapasitas rumah sakit untuk menangani kasus ini harus terjamin. Ini akan menjadi hal baru yang normal untuk kita semua."

1 dari 1 halaman

Lebih dari 60 kandidat vaksin dan pengobatan untuk virus corona tengah dikembangkan di laboratorium di seluruh dunia, sebagian besar masih dalam tahap praklinis.

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Moderna mulai uji coba klinis bulan lalu, dan ilmuwan Universitas Oxford Inggris akan melakukan percobaan pada manusia pekan ini.

Kelompok lain di AS dan satu di China telah melakukan uji coba pada manusia.

Di Israel, ilmuwan di Institut Penelitian Migal Galilee yang didanai pemerintah mengatakan vaksin virus corona mereka siap diuji dalam beberapa pekan lagi, kendati tak akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan karena proses uji coba dan persetujuan yang panjang. [pan]

Baca juga:
Jelang Ramadan, Pakistan Cabut Larangan Salat Berjemaah di Masjid
Pandemi Corona, Gubernur New York Izinkan Warga Menikah Lewat Aplikasi Zoom
Ilmuwan Jerman Ingatkan Jika Lockdown Dicabut Akhir April, Kasus Covid-19 Melambung
Ratusan Orang di AS Unjuk Rasa Tolak Perpanjangan Aturan
Akademisi Korea Utara Sebut Ada Kasus Covid-19 Terkonfirmasi Sejak Akhir Maret
Jadi Kapan Vaksin Corona Akan Tersedia? Begini Tahapannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini