Pakar Kesehatan AS Sebut Sumber Virus Corona di Italia Dari Turis China

Sabtu, 28 Maret 2020 10:00 Reporter : Merdeka
Pakar Kesehatan AS Sebut Sumber Virus Corona di Italia Dari Turis China italia lockdown. Sumber Foto Flavio Lo Scalzo/Reuters

Merdeka.com - Italia menjadi wilayah yang paling parah terjangkit virus corona (Covid-19), dengan jumlah kasus mencapai 80.000 lebih. Bahkan rumah sakit pun kewalahan karena lonjakan pasien.

Pada akhir Januari lalu, Italia melaporkan ada sepasang turis lansia yang terkena virus corona. The New York Times menyebut keduanya berasal dari Wuhan. Saat itu, kasus Covid-19 di Italia masih belum merebak seperti saat ini.

Pakar kesehatan Gedung Putih, Dr Anthony Fauci, menjelaskan, penyebaran virus corona di Italia karena faktor turis dari China. Kasus telanjur tersebar sebelum pemerintah dan masyarakat sadar.

"Italia terkena dampak buruk karena mereka punya banyak importasi dari China oleh turis-turis China. Dan sebelum mereka sadar apa yang terjadi, sudah ada cukup orang-orang yang menjadi basis penyebaran sehingga hal ini menjadi di luar kendali dan menyulitkan mereka," ujar Fauci dalam wawancara CNN seperti dikutip pada Jumat (27/3).

Fauci menjabat sebagai Direktur Institut Nasional Penyakit Alergi dan Menular AS. Ia menyebut Eropa telah menjadi "China baru" karena angka kasus yang tinggi.

1 dari 1 halaman

Destinasi Populer Turis China

turis china rev1

Media Xinhua menyebut Italia adalah salah satu destinasi populer warga China. Pada 2018, turis Tiongkok di Italia ada sebesar 5,3 juta orang dan Januari lalu Bandara Fiumicino Leonardo da Vinci di Roma baru saja merayakan hubungan wisata China-Italia.

Antusiasme pemerintah Italia tak lepas dari fakta besarnya pemasukan dari turis China. Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Italia menyebut pada 2018, turis China menghabiskan 353 juta euro di Italia atau sekitar Rp6,3 triliun.

Kasus rasisme di Italia sempat meningkat akibat virus corona. The Local melaporkan perilaku tak terpuji tersebut terjadi di beberapa kota.

Reporter: Tommy Kurnia
Sumber: Liputan6 [pan]

Baca juga:
Ada Cahaya di Ujung Lorong, Deretan Optimisme dalam Perang Melawan Pandemi Corona
Dokter, Perawat di Eropa dan Amerika Pakai Plastik Sampah Hadapi Pandemi Corona
WHO Sebut Kasus Infeksi Virus Corona di Italia Mulai Melambat
Deretan Truk Militer Italia Angkut Ratusan Jenazah Pasien Corona
Beri Alat Bantu Pernapasan Kepada Pasien Lebih Muda, Pendeta di Italia Meninggal
Potret Petugas Medis Italia Kelelahan Tangani Pasien Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini