5 manusia ini punya ingatan super, tak bisa lupakan masa lalu

Sabtu, 10 Oktober 2015 06:09 Reporter : Pandasurya Wijaya
5 manusia ini punya ingatan super, tak bisa lupakan masa lalu Rebecca Sharrock. ©Daily Mail

Merdeka.com - Seiring pertambahan usia, biasanya ingatan manusia juga ikut melemah. Tapi ada banyak faktor lain yang membuat orang ingatannya bisa melemah.

Sejumlah orang di muka bumi ini ternyata ada yang tidak perlu merasa khawatir dengan melemahnya ingatan akibat pertambahan usia. Orang-orang ini sejak kecil punya kemampuan luar bisa dalam mengingat banyak hal, terutama yang pernah dia alami. Mereka seolah-olah merekam semua kejadian dalam otaknya dalam bentuk video.

Namun ternyata punya daya ingat luar biasa juga ada kerugiannya. Mereka mengaku kerap stres jika mengingat masa lalu yang menyedihkan atau menyakitkan.

Siapa saja orang yang tidak bisa melupakan masa lalu itu? Ikuti lima kisahnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Lelaki ini sanggup menghafal 12 ribu buku

sanggup menghafal 12 ribu buku rev5Kim Peek manusia berdaya ingat luar biasa. ©2013 Merdeka.com

Laurence Kim Peek, lelaki kelahiran Negara Bagian Utah, Amerika Serika, sudah meninggal pada 2009. Tapi selama hidupnya dia telah menghafal sebanyak 12 ribu buku. Dia sangat luar biasa dalam mengingat informasi. Dia bahkan mampu membaca dua halaman buku sekaligus hanya menggunakan mata kiri dan kanannya.

Dia merupakan contoh manusia luar biasa dengan daya ingat sangat mengagumkan. Dia memiliki kemampuan ingatan fotografik sehingga bisa mengingat berbagai hal yang pernah dialaminya hampir 98 persen secara detail.

Kisah hidupnya menginsipirasi pembuatan film Rain Man. Namun dia juga dikabarkan memanfaatkan kemampuannya itu dalam bermain kartu.

2 dari 5 halaman

Punya ingatan hebat, seniman ini gambar sebuah kota dengan akurat

hebat seniman ini gambar sebuah kota dengan akurat rev5Karya Stefan Bleekrode. ©2014 Merdeka.com/Stefan Bleekrode

Seniman Belanda Stefan Bleekrode telah dianugerahi bakat yang sangat menakjubkan. Dia bahkan bisa menggambar sketsa kota-kota yang telah dikunjunginya dengan luar biasa rinci. Dan menariknya, dia melakukan itu hanya dengan menggunakan daya ingatnya.

Pria 28 tahun ini telah menggunakan kekuatan ingatannya untuk membuat sebuah cityscapes, serangkaian sketsa dari beberapa kota yang paling terkenal di dunia, seperti London, New York dan Paris. Gambar Stefan begitu rinci sehingga hampir mustahil untuk percaya dia hanya mengandalkan ingatannya.

Hanya dengan menggunakan tinta dan kekuatan memorinya, dia bisa menyusun gambar yang sangat padat dan realistis. Sebagian besar gambarnya melukiskan pemandangan bangunan, jalan, lampu, jembatan dan rincian lainnya. Teknik yang canggih, perspektif yang tepat, dan detail yang menakjubkan membuat setiap gambarnya terlihat seolah-olah mereka ditangkap dari sudut pandang udara.

Menariknya, Stefan telah melakukan hal ini sejak dia berusia 10 tahun. Dia memulai bakat seninya dengan gambar impresionis dari tempat-tempat di Prancis dan Belgia, dan perlahan-lahan melatih pikirannya untuk mengingat setiap detail di lokasi tertentu.

"Pada usia 10, saya ingin mengingat kembali tentang kesan saya saat berkunjung ke beberapa tempat di Prancis dan Belgia, yang saya kunjungi selama liburan musim panas," jelasnya. "Dengan ini saya bisa melayang kembali ke tempat-tempat yang cerah dan mencari inspirasi di mana dunia ini terlihat berwarna-warni dan bersemangat untuk mengeksplorasinya. Saya terus menggambar cityscape selama saya menikmatinya atau sampai saya kehabisan ide."

Karyanya yang paling sederhana membutuhkan waktu hingga lima hari untuk menyelesaikannya, sementara untuk gambar skala besar, dia membutuhkan waktu hampir setengah tahun. Dan karya-karya menakjubkannya dijual antara USD 1.800 (Rp 22,8 juta) hingga USD 6.000 (Rp 76 juta).

3 dari 5 halaman

Dari usia 10 tahun lelaki ini ingat semua kejadian dalam hidupnya

10 tahun lelaki ini ingat semua kejadian dalam hidupnya rev5Joey DeGrandis. ©News.com.au

Warga New York bernama Joey Degrandis, 30 tahun, mampu mengingat setiap kejadian dalam hidupnya setiap hari sejak usia 10 tahun.

Dia termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang didiagnosa memiliki kelainan hyperthymesia--kondisi yang  membuat seseorang mampu mengingat segala detil dalam hidupnya.

"Paling mudah saya katakan, saya bisa melihat semuanya seperti menonton sebuah film," kata dia kepada Vice, seperti dilansir News.com.au, Agustus lalu.

"Saya bisa langung mengingat suatu kejadian--atau hari--lalu merincinya dari situ," kata dia.

Saat dia masih sekolah DeGrandis ingat dia pernah menunjukkan kemampuannya mengingat nama hari dari tanggal dan tahun yang disebutkan orang.


4 dari 5 halaman

Perempuan ini mampu merekam semua kehidupannya di otak seperti kamera video

mampu merekam semua kehidupannya di otak seperti kamera video rev3Lima orang punya daya ingat terhebat sejagat. ©istimewa

Jill Price menjadi salah satu manusia dengan kemampuan mengingat yang luar biasa. Dia menganggapnya ini sebagai anugerah. Price yang juga warga negara Amerika Serikat merekam setiap kehidupannya di otak dia seperti kamera video.

Dia mengingat nama-nama korban kecelakaan sebuah pesawat pada 1988 dan beberapa peristiwa penting lainnya. Meski ini sebuah anugerah namun terkadang Price juga tersiksa lantaran dia juga mengingat peristiwa paling menyakitkan dalam hidupnya seperti ditolak lelaki, tidak ada yang mengajak kencan, dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Perempuan ini ingat semua kejadian dalam hidupnya sejak berusia 12 hari

ingat semua kejadian dalam hidupnya sejak berusia 12 hari rev3Rebecca Sharrock. ©Daily Mail

Rebecca Sharrock, 25 tahun, punya kemampuan mengingat hampir seluruh detil dalam hidupnya yang pernah dia alami. Dia bahkan mampu mengingat seluruh isi buku novel Harry Potter hingga kata per kata.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (8/10), perempuan asal Brisbane, Australia, itu ternyata termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang disebut mempunyai Ingatan Otobiografi Super (HSAM) alias hyperthymesia.

Kelainan itu berarti dia mampu mengingat setiap detil kejadian seolah-olah hal itu baru saja terjadi.

"Saya ingat ibu saya Janet menaruh saya di kursi mobil dan memotret saya ketika saya masih 12 hari," kata dia. "Itu adalah ingatan pertama saya."

Sharrock mengaku dia mampu mengingat semua hal sejak saat itu.

"Sebagian saya tidak tahu kapan terjadi karena saya masih terlalu kecil untuk memahami kalender, tapi saya ingat apa yang saya lakukan ketika hari itu, bagaimana kondisi cuaca saat itu dan seterusnya."

Perempuan berkacamata itu menuturkan karena kemampuannya itu terkadang ketika dia mengingat sesuatu maka dia bisa kembali merasakan emosi peristiwa itu.

"Misalnya saya ingat ketika pernah jatuh di rumah kakek saat usia saya masih tiga tahun. Lutut kiri saya saat itu terluka. Dan saat membicarakannya sekarang saya masih bisa merasakan sakitnya lutut kiri saya itu," kata dia.

Kondisi yang dialami Sharrock ternyata tidak selamanya membuat dia nyaman. Sharrock kerap merasa stres karena ingatan masa lalu yang membuat dia sakit atau sedih. Ingatan itu terkadang muncul sangat banyak dan membuat dia merasa tertekan.

Dia bahkan harus tidur sambil mendengar radio dan lampu yang redup. Kalau terlalu gelap dan sunyi maka pikirannya bisa mengingat banyak hal dan itu membuat dia tidak bisa tidur.

"Kalau saya mimpi buruk sewaktu kecil, saya suka mengucapkan isi buku Harry Potter dari mulai bab pertama," kata dia.

[pan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini